Buku Saku Superstar Pemasaran

  • $trategeniu$Judul: $trategeniu$
  • Penulis: Jeffrey J. Fox
  • Penerjemah: Siska Primaningrum
  • Penerbit: Daras Books
  • Cetakan: I, Maret 2007
  • Tebal: 315 halaman.

Dalam bisnis, menjadi genius adalah harga mutlak. Saat ini, pasar telah berkembang kompleks. Konsumen dan kompetitor semakin susah dihadapi. Anda butuh strategenius (strategi genius) untuk menyiasati semua itu. Maka hadirlah buku $trategeniu$ ini.

Ikon dollar ($) dalam judul itu mengajak kita mendolarisasi perusahaan kita. Di buku yang dalam bahasa aslinya diterbitkan oleh Hyperion New York ini, Jeffrey J. Fox membagi-bagikan berbagai strategi geniusnya. Klaimnya, $trategeniu$ akan membentuk Anda menjadi seorang pebisnis genius, tidak peduli apapun bidang usaha Anda dan sebeberapa besar skala bisnis Anda.

Disusun dengan bab-bab pendek, buku mungil ini terasa ringan dibaca. Anda takkan sadar telah menghabiskannya dalam semalam saja. Tapi, tentu saja isinya serius sekali. $trategeniu$ memaparkan strategi-strategi bisnis secara sederhana dan aplikatif. Tujuan buku ini terpampang jelas di kovernya: Meningkatkan penjualan, memaksimalkan profit, menyingkirkan pesaing, memukau pelanggan, dan menjadi pemimpin pasar.

Untuk lebih bisa menikmati, Anda disarankan memiliki usaha, seberapapun skalanya. Karena tips-tips yang mengalir lancar di sini hanya akan terbaca sebagai novel renyah jika tidak ada bisnis sebagai ajang untuk mempraktikkannya.

Namun toh tidak masalah juga, karena Jeffrey menulisnya dengan gaya provokatif. Sehingga, Anda yang tidak berpikir untuk berbisnis barangkali akan berubah pikiran setelah membaca buku ini.

Tak mau membiarkan pembacanya pasif terbuai kata-kata, Jeffrey menyediakan empat bab berisi tantangan. Ada empat studi kasus yang menuntut pembaca untuk turut berpartisipasi memikirkan solusinya. Solusi versi Jeffrey sendiri dapat dilihat di halaman belakang. Ini seperti kunci jawaban di buku-buku Lembar Kerja Siswa.

Sayang, pemecahan kasus itu pun bersifat tunggal, sehingga sangat mungkin solusi versi Anda berbeda dengan versi Jeffrey (sekalipun Anda memikirkan solusi tersebut berdasarkan tulisan Jeffery sendiri di bab-bab sebelumnya). Pun, tidak ada keterangan apakah jawaban tantangan versi penulis benar-benar teruji di lapangan, atau hanya buah dari pemikiran seorang Jeffrey J. Fox.

Apapun itu, Jeffrey adalah seorang mahaguru bisnis dan marketing. Berbagai penghargaan telah direngkuhnya. Sebelum mendirikan perusahaan konsultannya sendiri, Fox & Co., Jeffrey menduduki posisi penting di sejumlah perusahaan international. Buku-bukunya telah diterbitkan dalam lebih dari 35 bahasa di pelbagai negara.

Di atas semua itu, marketing bukanlah matematika yang eksak dan berjawaban tunggal. Tentu saja semua berpulang kepada konteks masing-masing individu. Yang jelas, membaca $trategeniu$ niscaya akan memperkaya wawasan pembaca. Cocok dipakai sebagai buku saku untuk orang marketing. Supaya mesin di kasir Anda terus bernyanyi. Cring! Cring!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge