Galeri Fotografi Kiara: Sekitar Rumah

Pot Gantung

Putri sulung kami, Kiara, sudah berusia lima tahun. Tangannya sudah mampu memegang sesuatu dengan lumayan stabil. Saatnya, saya percayai memegang kamera dan belajar memotret. Alhamdulillah, dia menyambut antusias rencana ini.

Kakung Pulang

Maka berbekal kamera saku amatiran, Canon IXUS 185, saya ajari Kiara fungsi-fungsi paling dasar dalam kamera digital: tombol on/off, shutter, zoom, dan display. Juga teknik-teknik fotografi sederhana seperti objek utama jangan sampai terpotong, jarak ideal objek, jangan terburu-buru atau goyang sewaktu memotret, dan sebagainya.

Lalat Merubung Mangga

Apakah dia paham saya kasih tahu begitu? Hahaha, masuk telinga kanan, keluar lagi telinga kanan.

Bekicot Panjat Tebing

Makanya, saya ajak langsung praktik saja. Dalam beberapa hari ini, saya temani Kiara hunting objek-objek di sekitar rumah, sekitar 10-15 menit.

Hubul Mainan Singa

Hasilnya, seperti yang terlihat di sini.

Semut yang Keburu Hilang

Foto-foto ini tidak diedit sama sekali. Tidak diatur brightness-contrast-nya, tidak dipertajam, dibenahi kemiringannya, di-zoom, maupun di-crop. Apa adanya saja. Saya hanya memperkecil dimensinya sesuai proporsi panjang x lebar aslinya, supaya tidak menghabiskan bandwidth blog ini, heheheā€¦.

Tanaman dalam Pot

Bayangan saya, kegiatan fotografi seperti ini akan baik untuk melatih saraf motoriknya dan insting seninya. Selain itu, skill fotografi jelas dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dari Lubang Pagar

Saya berharap Kiara mampu memfoto ketika dibutuhkan. Misalnya, saat kami liburan, ada acara spesial, atau sewaktu-waktu ada momentum yang layak diabadikan.

Doraemon dari Nin Tuty

Itu saja. Selebihnya, saya tidak berharap dia (bahkan berharap dia tidak) terlalu menekuni bidang fotografi kelak.

Perahu Kertasku

Kenapa?

Antrean Ember

Pertama, karena orang tuanya bukan fotografer dan tidak punya passion di bidang fotografi. Jadi secara teori, bakatnya bukan di sini.

Singa (Tutup Sikat Gigi)

Kedua, karena saya tahu sendiri dari teman-teman saya yang fotografer profesional. Kalau mau serius, alat-alatnya mahal, Bos! :p

Yayah Minta Foto

– Foto-foto: Kiara Hanifa Anindya

Pus Kedinginan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge