Sebuah Tutorial Menarik tentang Joomla

Membangun Web Store dengan Joomla!

  • Judul: Membangun Web Store dengan Joomla!
  • Penulis : Adhicipta R. Wirawan
  • Penerbit: Elex Media Komputindo
  • Cetakan: I, Agustus 2007
  • Tebal: xiii + 194 halaman

“Kemudahan adalah sesuatu yang dicari oleh setiap manusia. Pada dunia yang kompleks seperti ini, manusia tidak ingin lagi direpotkan dengan kegiatan yang bersifat reinventing the wheel atau mencari sesuatu yang sebenarnya telah ditemukan orang lain,” kata Adhicipta R. Wirawan, penulis buku ini.

Demikian pula dalam urusan situs web. Joomla! hadir menjawab keinginan user untuk membangun sebuah situs yang dinamis dengan kemampuan Content Management System (CMS).

Anda tidak harus memiliki latar belakang ilmu pemrograman atau desain yang tinggi untuk sekadar memanfaatkan fasilitas Joomla!. Platform ini bisa dijalankan oleh orang awam sekalipun. Apalagi di buku ini, kita akan dibimbing setahap demi setahap.

Praktis, membangun web store (toko online) kini bukan lagi hal yang mewah. Anda pun bisa menciptakannya. Penulis buku memberi contoh kasus Movie Mania, toko daring yang menjual DVD dan VCD film-film. Pembaca bisa mengikuti dari nol bagaimana situs sekompleks Movie Mania dibangun.

Tapi jangan membayangkan web store ini seperti Amazon.com atau situs-situs e-commerce yang pembayarannya serba otomatis, bisa menggunakan kartu kredit, ada shopping chart-nya, dsb. Itu semua memang memungkinkan digarap dengan Joomla!. Namun tidak dibahas di sini. Karena sejak awal, buku ini ditujukan untuk peminat Joomla! tingkat pemula dan menengah saja.

Meskipun demikian, mereka yang sudah level lanjut tak perlu kecewa juga. Sebab Joomla! yang ditawarkan di sini juga sangat kompeten untuk mengkreasikan fasilitas-fasilitas bagi komunitas konsumen. Misalnya, membuat forum online bagi pelanggan-pelanggan Anda yang ingin berdiskusi, membuat e-tabloid, newsletter, portal berita, mengelola polling, database pelanggan, dsb.

Semua itu fasilitas-fasilitas yang tergolong mahal bila Anda menggunakan program pembuat situs komersial.

Tapi Joomla! tak men-charge biaya apapun, karena ia dikembangkan dengan semangat open source. Anda tinggal mengunduhnya dari internet. Atau kalau Anda membeli buku ini, malah tidak perlu susah-susah mengunggah. Sebab CD berisi installer Joomla! dan Xampp (sebagai program database offline) akan langsung Anda dapatkan sebagai bonusnya.

Sebagaimana buku-buku berjenis tutorial lainnya, buku ini lebih enak diikuti bila pembacanya langsung mempraktikkannya. Bila sekadar dibaca, malah akan membingungkan. Selamat membaca dan menjajal!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge