Emas Antam atau Emas Pasar Enaknya?

Emas murniSeorang teman kuliah dulu menyapa di Facebook. Katanya, “Mas, dirimu kan ahli investasi emas. Aku punya pertanyaan. Aku kan baru tahu beda emas Antam dan emas yang dijual di toko. Emas toko bentuknya standar, tanpa sertifikat, hanya pakai nota. Tapi harganya murah. Sedangkan emas Antam bentuknya bagus, dengan sertifikat, dan harganya mahal. Nah, emas toko itu bisa dijual di toko emas lain nggak ya? Maksudnya bukan di tempat kita beli. Mending mana, emas standar atau emas Antam? Teman-teman sih nyaranin emas biasa saja. Lebih murah, harga jual (ke toko tempat beli dulu) juga lebih bagus. Tapi kami kan pindah-pindah. Menurut njenengan piye?”

Jawaban saya sederhana, “Sejak kapan saya ahli investasi emas?” Hahaha… Mungkin gara-gara novel yang saya tulis, Rahasia Sunyi, bercerita tentang tokoh yang sangat gold-minded kali ya.

Tapi, memang sekitar 50% investasi saya berbentuk emas sih. Sisanya baru reksadana, deposito, dan unit link. Jadi, oke, saya akan coba jawab. Tanpa embel-embel “ahli”. Kalau Anda tinggal di tempat tertentu dan diperkirakan ada di situ sampai bertahun-tahun, memang tidak perlu berpikir sertifikat emas. Nota pembelian saja cukup.

Emas toko, atau biasa disebut emas pasar, boleh juga. Bisa kok emas itu dijual (atau digadaikan) di toko-toko emas lain. Namanya emas, dimana-mana ya logam berharga, nilainya pun selalu kurang-lebih sama.

Ya, memang biasanya, harga jual di toko emas lain lebih murah. Terus, nanti juga mungkin bongkahan emas Anda perlu diuji dulu kemurniannya. Entah bagaimana metodenya. Tapi kalau sampai pakai dikikis atau dibor, wah, itu bisa mengurangi beratnya.

Maka, kalau investasi emas Anda cuma untuk 2-4 tahun, alias Anda menjadi oportunis (harga emas naik langsung jual), mending pilih tabungan emas online saja. Lebih fleksibel. Tapi pastikan dulu izin dan lokasi toko online itu valid.

Saya selama ini punya akun di emas24karat.com. Saya sudah menyurvei toko online ini di lokasi fisiknya, BG Junction, Surabaya. Di sana, saya melihat ada brankas dan konter untuk jual-beli emas murni langsung. Jadi selain bergerak online, mereka juga berdagang secara offline. Ini cukup melegakan. Setidaknya, mereka tidak terlihat seperti penipu.

Harga beli dan jual mereka selisih 10.000. Jadi, kita cuma perlu memperhatikan pergerakan harga di situsnya. Begitu Anda pikir harga hari ini menguntungkan (lebih dari 10.000 dari harga saat membelinya), langsung klik “jual” sekian gram!

Hari itu juga, mereka akan kirim duit ke rekening Anda. Semua prosesnya hanya dalam hitungan jam. Anda cukup memberi instruksi lewat internet. Praktis kan?

Sudah sejak 2011, saya jual dan beli di emas24karat. Alhamdulillah, tidak pernah ada masalah. Tapi entah kenapa, tetap saja ada kekhawatiran kalau suatu hari nanti mereka amblas. Mungkin karena posisi kita sebagai konsumen online (member) lemah.

Dalamnya laut bisa diukur, dalamnya hati siapa yang tahu? Hehehe, berprasangka buruk nih ceritanya. Tapi untuk urusan begini, memang sebaiknya kita jangan mudah berprasangka baik :p

Makanya, di situ, tabungan saya dari dulu hanya di kisaran 20 gram saja. Tidak berani menambah. Kalau pun menambah sampai di atas 25 gram, saya selalu ubah jadi emas fisik, setiap kali ada stoknya. Tinggal menambahkan biaya cetak sertifikat, emas fisik pun dapat diambil. Atau, bisa juga dipaketkan ke rumah dengan tambahan biaya pengiriman. Lebih aman.

Menjawab pertanyaan di atas, intinya, untuk berinvestasi emas jangka 2-3 tahun, tabungan emas sangat praktis dan saya rekomendasikan. Anda bisa membeli per gram, tidak perlu ikut patokan Antam yang harus beli 5 gram, 10 gram, 25 gram, dst. Anda juga bisa menjualnya per gram, ketika harga berubah jadi menguntungkan menurut Anda.

Bagaimana untuk invetasi emas jangka panjang? Katakanlah di atas lima tahun? Saya sarankan emas fisik. Dan sebaiknya Antam aja. Harganya tidak jauh berbeda dengan merek lain (seperti UBS, King Halim, dsb.), tapi PT Aneka Tambang kan BUMN tuh, jadi kalau bangkrut pasti Pemerintah turun tangan menolongnya.

Dibandingkan emas pasar tak bermerek, emas Antam memang lebih mahal. Tapi buat saya, yang penting kan bisa dijual dimana-mana. Bahkan konon di luar negeri. Sebab, mereka punya sertifikat internasional metode pemurnian bijih emas hingga 99,99%.

Meskipun demikian, terkadang toko emas suka melihat tahun produksi saat membeli emas Antam. Ini kata teman saya sih. Emas bertahun produksi 2013 dikasih harga lebih rendah dibanding produksi 2014. Padahal sama-sama produksi Antam.

Saya sendiri tidak pernah menjual emas fisik. Daripada dijual, mending digadaikan. Nah, kalau digadaikan, tahun produksi tidak dipertimbangkan. Lagipula, emas yang tergadai bisa ditebus. Walaupun Anda akan rugi biaya penitipan dan administrasi nanti.

Semoga terjawab ya. Abaikan kalau saya melantur ke sana-kemari di luar konteks pertanyaan.

27 thoughts on “Emas Antam atau Emas Pasar Enaknya?

  1. Mochamad Yusuf

    Saya punya problem, bagaimana menyimpannya. Kalau disimpan di rumah, takut ada apa-apa. Maklum rumah selalu kosong. Apakah safety box oke ya? Berapa biaya safety box termurah?

    Reply
  2. Brahm

    Setahuku, deposit box yang termurah BNI, Pak. Untuk ukuran terkecil (7,5 x 12 x 60 cm), biayanya 100.000/tahun. Jaminan kunci 500.000.

    Nggak tahu kalau ada yang lebih murah. Yang jelas Mandiri, untuk ukuran yang hampir sama, biayanya 200.000/tahun. Jaminan kuncinya 750.000 pula.
    Brahm recently posted..Jadwal Ujicoba Timnas U19My Profile

    Reply
      1. Brahmanto Anindito Post author

        Kita taruh uang jaminan/deposit. Kalau kuncinya sudah kita kembalikan, uang kita juga dikembalikan.

        Reply
  3. abd munir

    Paling aman dan pasti untung di depositokan di bursa berjangka, gak ribet, bisa diambil sewaktu2. Super aman. Berminat hub 081332737773

    Reply
  4. shahrir

    As Salam,

    Saya Shahrir daripada Malaysia, saya ingin berkongsi dengan saudara-saudara di Indonesia cara untuk memanipulasi emas agar dapat beroleh pulangan daripada simpanan emas. Cara tradisional adalah beli , simpan dan jual ketika harga naik barulah beroleh keuntungan. Sekiranya harga belum naik, maka simpan sahaja.

    Tahukah saudara ada cara yang lebih menguntungkan? serta dapat menggandakan simpanan emas anda sehingga 1 kali ganda dalam masa 1 tahun dengan hanya menggunakan stok emas yang tersedia di tangan anda tanpa menambah modal?

    100g emas anda bisa menjana RM1000-RM1500 per month.

    Sekiranya saudara berminat dan ingin menjadi Rakan Niaga saya di Malaysia, email saya di kshahrir@gmail.com.

    Terima kasih.

    Reply
  5. ameh

    emas di toko memang lebih murah dibanding milik ANTAM, entah kenapanya, apa memang emas toko kurang kemurniannya (sebab dipegadaian cuma ditaksir 22 karat). terlebih lagi di toko emas jarang yang mau jual bentuk bongkahan/dasar saja (=didaerah saya, payakumbuh), kalau beli yang udah jadi perhiasan lebih merugi rasanya sebab kena biaya ongkos pembuatan, dan waktu dijual ada juga biaya pemotongan entah apa namanya. Jadi menurut pendapat mas, seperti kondisi yang saya ceritakan diatas mana yang lebih baik beli emas toko atau emas ANTAM-itu juga lewat kredit emas di pegadaian? dan satu lagi pertimbangannya emas tersebut tidak kami pakai cuma disimpan. Terima kasih atas sarannya mas.

    Reply
  6. Abu Aisyah

    Kami Terima Jual Beli Koin Dinar Emas Antam / Peruri 4.25gr 22 karat, wajib ada sertifikat, tahun cetak berapa pun kami hargai sama sesuai harga Buy Back yang terdapat pada website http://www.pemainlama.com, hubungi kami di 085-77-6959-222, transaksi COD (ketemuan) di sekitar perumahan Citra Grand Cibubur Jakarta Timur atau kirim via ekspedisi, thanks.

    Reply
  7. Heren

    Dijual butiran emas harga U$ 33/gr dan U$ 33000/kg atau sekitar Rp 416 juta perkilo. buat test emasnya beli 5 gram dulu. test case 5 kg dan transaksi pertama 10 kg.
    lokasi COD Jakarta.
    minat serius hubungi Heren 081362486882

    Reply
  8. Bulan

    Aha, nemu artikel ini. Terima kasih udah share mas. Udah beberapa lama ingin ikutan emas24karat.com itu, tapi masih ragu. Sekarang ngerasa lebih aman setelah baca ini. 😀

    Reply
  9. Almal

    Kami melayani pembelian emas batangan 24 karat (amtam), harga standart buy back discount 50 rb / gram. Sms di 081332737773

    Reply
  10. choirurr

    di jual emas batanganwarisan tak bersertifikat … lokasi mojokerto minat hubungi choirur pin:D3200AB3

    Reply
  11. Destrimila

    Di tempat sy ada toko emas yg jual emas antam. Pertanyaanya apakah emas antam yg ada di toko emas sama dgn harga emas antam yg ada dibutik antam ? Tlg di jawab soalnya sy baru mau investasi emas. Trims

    Reply
  12. Cevilia

    Bermanfaat sekali artikelnya.. Saya karyawan di salah satu perusahaan tv swasta Jakarta, saya berusia 23 tahun dan belakangan ini berpikir untuk investasi, pilihan saya antara emas atau USD. Setelah saya baca artikel ini, sepertinya utk pemula saya tertarik untuk memulai investasi di web emas24karat. Pertanyaan saya, emas fisik dari web ini ada sertifikatnya tidak? Apakah bisa dijual kembali ke web ini dengan cara di paketkan saja?

    Jawaban Anda akan sangat membantu sebagai bahan pertimbangan saya utk langkah selanjutnya.
    Terima Kasih.

    Reply
    1. Brahmanto Anindito Post author

      Ada macam-macam emas di sini, yang bersertifikat (Antam, UBS, dll.) atau polosan (London). Silakan dipilih.

      Jual kembali dipaketkan? Dikirim pos, gitu? Rasanya nggak bisa. Harus datang.

      Reply
  13. Muhammad Hidayatullah

    Saya jual emas batangan warisan tanpa sertifikat, jika berminat bisa hubungi 089627506045

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge