Menjajal Game Mortal Kombat X versi Android

Mortal Kombat X

Per Mei 2015, sebuah game pertarungan fenomenal resmi dirilis secara gratis di Google Play Store. Mortal Kombat versi terbaru: Mortal Kombat X! Jadi, game ini tidak hanya menyapa penggemarnya di PC atau konsol, melainkan juga di smartphone Android dan iOS. File APK-nya lumayan gembrot, sekitar 1,7 GB. Sementara, RAM yang dibutuhkan setidaknya 1 GB.

Segera, saya unduh game ini dan disandingkan dengan game-game (gratis) lainnya di ponsel saya, salah satunya King of Fighters 2012 yang berbobot 1,2 GB. Saya bukan gamer sejati, tapi cukup menggemari game-game fighting legendaris seperti Mortal Kombat, Street Fighter, atau King of Fighters.

Selain untuk menambah wawasan storytelling (siapa tahu nanti ada lagi klien yang memesan cerita untuk platform game), saya juga ingin bernostalgia ke masa-masa SMP. Ah ya, saya akui, waktu itu saya mencuri umur. Game ini penuh dengan kekerasan, harusnya saya belum boleh memainkannya saat SMP. Buat adik-adik yang masih di bawah 17 tahun, jangan ditiru, ya….

Saya juga dalam misi mengetes kemampuan ponsel baru saya. Makanya, begitu mendengar kabar Mortal Kombat X rilis di jalur Android, langsung saya sedot.

Tahukah Anda apa yang membuat Mortal Kombat X ini berat? Jelas, grafisnya yang 3D dan detail! Tampilannya pun lebih gelap, menambah gahar aura game yang terkenal melalui jargon “finish him” ini.

Ketika pertama membukanya, proses loading butuh waktu sekitar dua menit. Wah, gawat! Saya pikir ponsel saya tidak kuat. Namun selama proses menunggu, musiknya berjalan mulus tanpa putus. Dan setelahnya, permainan juga lancar. Tidak ada gejala-gejala nge-lag sedikit pun!

Karakter-karakter Mortal Kombat X versi Mobile

Tidak banyak berbeda dengan prekuelnya, tokoh-tokoh petarung Mortal Kombat X masih berkutat di faction Earthrealm (dunia normal kita), Outworld (dunia paralel yang peradabannya lebih kuno), Netherrealm (dunia buangan yang penuh iblis/monster), dan Elder Gods (dunia para dewa dalam mitologi Mortal Kombat). Berikut ini daftar lengkapnya:

Tokoh-tokoh Mortal Kombat X

  • Cassie Cage (Spec Ops, putri Johnny Cage dan Sonya Blade)
  • D’Vorah (Outworld)
  • Ermac (Outworld)
  • Erron Black (Outworld)
  • Jacqui Briggs (Spec Ops, putri Jax Briggs)
  • Jason Voorhees (Netherrealm)
  • Jax Briggs (Spec Ops)
  • Johnny Cage (aktor laga yang diperbantukan dalam Spec Ops)
  • Kano (Outworld, tapi aslinya dari Earthrealm)
  • Kenshi (Martial Artist yang diperbantukan dalam Spec Ops)
  • Kitana (Outworld)
  • Kotal Kahn (Outworld)
  • Kung Jin (Martial Artist)
  • Kung Lao (Martial Artist)
  • Lin Kuei (Martial Artist, bronze character, pasukan anak buah Sub-Zero)
  • Liu Kang (Martial Artist)
  • Mileena (Outworld)
  • Monk (Martial Artist, bronze character)
  • Oni (Netherrealm, bronze character)
  • Osh-Tekk (Outworld, bronze character, pasukan Kotal Kahn)
  • Quan Chi (Netherrealm)
  • Raiden (Elder God)
  • Reptile (Outworld)
  • Saurian (Outworld, bronze character)
  • Scorpion (Martial Artist, pemimpin Klan Shirai Ryu)
  • Sergeant (Spec Ops, bronze character, pasukan Sonya Blade)
  • Shirai Ryu (Martial Artist, bronze character, pasukan Hanzo Hasashi alias Scorpion)
  • Sonya Blade (Spec Ops)
  • Sub-Zero (Martial Artist, pemimpin Klan Lin Kuei)
  • Tanya (Outworld)
  • Trooper (Spec Ops, bronze character, pasukan Sonya Blade)

Sekadar catatan, para martial artists dan spec ops (pasukan elite) berada dalam Earthrealm. Sedang bronze characters bisa jadi dari Earthrealm, Netherrealm, atau Outworld. Bronze characters adalah kasta petarung yang terendah di game ini. Kasta yang lebih tinggi adalah silver characters, dan yang paling tinggi (kuat) adalah gold characters.

Biostatistik petarung Mortal Kombat X

Permainan Mortal Kombat X Mobile

Game Android dan iOS ini merupakan versi sederhana dari Mortal Kombat X yang lebih dulu dirilis di PlayStation, Xbox, dan Microsoft Windows (PC). Di versi mobile, cara mainnya terbatas pada tap (ketuk) dan swap (usap). Agak monoton, memang. Namun, tetap asyik, kok.

Di MK X Android/iOS, kita akan bermain tag team 3 on 3, entah melawan pemain lain atau komputer. Jadi, kita tinggal pilih tiga petarung terbaik atau yang paling sesuai untuk dimajukan ke arena. Beruntunglah bila Anda mempunyai banyak koleksi petarung (diwakili dengan kartu karakter), karena akan ada banyak pilihan.

Sewaktu petarung A, B, dan C kehabisan tenaga (energy bar-nya tidak mencukupi untuk pertarungan berikutnya), Anda bisa mengistirahatkan dan mengganti mereka dengan petarung-petarung lain yang energy bar-nya masih penuh. Tanpa perlu menebus energy bar tersebut dengan souls. Apa itu soul, nanti akan saya jelaskan.

Cassie vs Ermac Cassie Cage vs Ermac

Game ini tidak begitu saja membagi-bagikan semua kartu karakter. Artinya, Anda harus membelinya dan melengkapi special attack-nya, support-nya, hingga equipment-nya secara manual, kalau mau petarung tersebut bertambah kuat. Dengan apa kita membeli semua itu? Di Mortal Kombat X, ada empat mata uang yang berlaku:

  1. Gold: koin berwarna emas. Bisa untuk membeli paket Gold Pack, kartu karakter petarung kelas silver/bronze (dan seorang petarung gold: Raiden), bermacam equipments, special attacks, supports, serta fusion kartu (penggabungan dua kartu agar karakter menjadi jauh lebih kuat) petarung silver/bronze dan Raiden. Gold didapat setelah menang dalam setiap pertarungan, akhir sesi Faction War, menuntaskan Test Your Might (ada dalam Battle Mode), dan menyelesaikan Challenge Mode.
  2. Silver: koin berwarna perak. Bisa dipakai untuk membeli Alliance Pack (paket kartu yang terdiri dari karakter silver/bronze, equipment, support, dan special attack). Silver diperoleh dengan cara menarik pemain lain untuk membantu kita (ally attack) dalam sebuah pertarungan Battle Mode. Begitu juga sebaliknya, ketika karakter andalan kita dipakai pemain lain untuk membantunya sebagai ally.
  3. Soul (xl): koin hijau bergambar tengkorak. Dapat dipakai untuk mengisi kembali energy bar seorang petarung, membeli petarung kelas gold, sekaligus melakukan fusion. Xl dapat diperoleh gratisan dengan meningkatkan level petarung, menuntaskan Mission (harian), menyelesaikan Challenge Mode, dan melewati satu tower dalam Battle Mode.
  4. Blood Stone: Untuk membeli petarung khusus (seperti Tanya dan Corrupted Liu Kang) dan beberapa equipment. Blood Stone dapat diperoleh dengan memperbanyak War Point di Faction War. Pada akhir sesi Faction juga ada bagi-bagi Blood Stone sesuai peringkat kita di faction.
  5. Uang riil: rupiah atau dollar. Anda bisa membeli golds dan souls dengan uang sungguhan. Pembayarannya dengan kartu kredit, pulsa operator seluler tertentu, atau deposit Google Wallet. Langkah instan ini akan membuat kartu-kartu karakter Anda mencapai puncak kematangan dan kesaktian dengan cepat. Yah, hitung-hitung juga berdonasi buat Netherrealm Studios, developer game gratis-berkualitas ini.

Tiga mode permainan Mortal Kombat X for mobile Tiga mode permainan Mortal Kombat X for mobile

Saya tadi bicara tentang Challenge, Battle Mode, dan Faction Wars. Ini adalah opsi jenis pertarungan yang bisa Anda pilih dalam Mortal Kombat X for mobile.

  • Challenge (harus online). Tantangan ini datangnya acak. Mungkin sebulan sekali. Namun, belum tentu juga. Di sini, Anda akan melawan komputer. Biasanya, lawannya ecek-ecek, tapi banyak, jadi akan menguras energy bar. Reward atau hadiah utamanya adalah sebuah kartu karakter kelas gold. Hadiah sampingannya tak kalah menarik: golds dan souls yang berlimpah.
  • Battle Mode (tidak harus online). Ini pertarungan melawan komputer juga, dari tower ke tower. Semakin tinggi level towernya, semakin sulit dan menyita energi (bisa sampai tiga bar energi sekali tarung). Hadiah utamanya golds dan souls. Kalau Anda memainkan mode ini sambil online, Anda dapat meminta bantuan ally (pemain lain), baik yang sudah friend dengan Anda atau belum. Kalau sudah berstatus friend, Anda dan dia akan mendapat 100 silver. Kalau belum friend, Anda dan dia hanya akan memperoleh 50 silver setelah pertarungan selesai.
  • Faction Wars (harus online). Ini yang menurut saya paling seru. Anda bertarung dengan pemain lain. Hadiah utamanya selain gold, juga War Points yang dipakai server Mortal Kombat X untuk menentukan peringkat mingguan Anda. Setiap akhir sesi (sepekan), akan ada sepaket hadiah berupa golds, souls, equipments, supports, dan sebagainya sesuai dengan peringkat Anda dalam Faction Wars.

Rasanya, hanya itu inti dari permainan Mortal Kombat X untuk platform mobile ini. Tunggu apa lagi, langsung mainkan saja! Eh, tapi supaya lebih mantap, barangkali Anda ingin tahu cerita yang melatari game ini?

Cerita Mortal Kombat X

Alkisah, dua tahun setelah Shao Kahn terbunuh dalam serbuannya ke Earthrealm, Elder God Shinnok (ayahnya) melanjutkan serangan itu dengan pasukan iblis dari Netherrealm. Para prajurit Earthrealm yang tewas selama invasi Kahn dia bangkitkan kembali sebagai revenants (semacam zombie) di bawah kendali Quan Chi, sang penyihir.

Bermaksud membuyarkan rencana Shinnok, tim yang dipimpin oleh Mayor Sonya Blade, Johnny Cage, dan Takahashi Kenshi membuka portal dan bergegas menuju Sky Temple milik Raiden. Mereka berkejaran dengan waktu, sebelum didahului oleh Shinnok yang ingin meracuni Jinsei (sumber kehidupan Earthrealm).

Jason vs Quan Chi di depan Jinsei Jason Voorhees vs Quan Chi di depan Jinsei

Di Sky Temple, Raiden dan Fujin sudah kewalahan menghadapi Shinnok, Quan Chi, para revenants, beserta pasukan Netherrealm-nya. Perlawanan Raiden dan Fujin seperti tidak berarti bagi Shinnok. Sosok yang dijuluki The Fallen Elder God itu pun berhasil mencapai Jinsei. Bahkan dia hendak menyedot dan memenjara Raiden dan Fujin dalam batu zimatnya.

Beruntung, Johnny, Sonya, dan Kenshi buru-buru datang mengacaukan niat itu.

Hajatnya tidak kesampaian, Shinnok mengamuk. Dia melampiaskannya dengan menggebuk Kenshi hingga tak sadarkan diri. Sonya adalah targetnya berikutnya. Shinnok hendak membunuh sang Mayor dan menjadikannya anak buahnya. Untungnya, Johnny bergegas melindungi calon istrinya itu dengan menempatkan tubuhnya di antara Shinnok dan Sonya.

Sonya selamat, Johnny terluka. Namun, tidak parah. Justru ketika dihantam Shinnok, muncul kekuatan aneh. Semacam green halo keluar dari dalam tubuhnya.

Belakangan, Raiden memberi tahu bahwa Johnny merupakan keturunan seorang pejuang suci Perang Mediterania. Dari sanalah green halo tersebut. Walaupun demikian, kelak di kemudian hari, Johnny tidak mampu memunculkan kembali kekuatan itu. Dugaan Raiden, green halo hanya muncul ketika Johnny melihat orang yang dicintainya dalam detik-detik bahaya dan terancam tewas.

Kekuatan baru itulah yang mampu membuat Johnny mengimbangi Shinnok dalam duel satu lawan satu. Aktor laga Hollywood tersebut bahkan berhasil merampas zimat Shinnok dan melemparnya ke Raiden. Dengan zimat itu, Raiden akhirnya sukses memenjarakan Shinnok di dalamnya.

Namun, Quan Chi melarikan diri.

Enggan mengulur waktu, Johnny, Raiden, dan Sonya mengejarnya hingga Netherrealm dan segera membekuknya.

Dengan takluknya Quan Chi, Raiden bisa merapal mantra kebalikan untuk memulihkan revenants Scorpion, Sub-Zero, dan Jackson ‘Jax’ Briggs. Sebenarnya masih ada revenants lainnya, yaitu Liu Kang, Kitana, Sindell (ibu Kitana), Stryker, dan Smoke. Sepertinya, merekalah yang menolong Quan Chi untuk kabur lagi.

Tahun berikutnya, Johnny dan Sonya menikah. Mereka memiliki seorang putri, Cassandra ‘Cassie’ Cage. Sayang, ini bukan keluarga bahagia. Mereka akhirnya bercerai karena Sonya agaknya terlalu sibuk menggeluti karir militernya.

Di tempat lain, Scorpion yang baru pulih dari kondisi revenant kembali menjauhi keramaian. Dia sekarang balik menggunakan nama Hanzo Hasashi. Selain menjadi pimpinan Klan Shirai Ryu, Hasashi juga mementori Takahashi Takeda, putra Kenshi.

Sementara itu, Sub-Zero (Kuai Liang) yang juga sudah dipulihkan dari kondisi revenant sibuk menata ulang klannya. Dia menjadi Grandmaster baru dari Klan Lin Kuei setelah membunuh Sektor. Sub-Zero juga memanfaatkan data dari memori Sektor untuk membongkar manipulasi Quan Chi yang sudah lancang mengadu domba klannya dengan Klan Shirai Ryu.

Bila di Earthrealm semuanya sudah mulai terasa damai, tidak demikian halnya dengan di Outworld. Terjadi pergolakan di sana. Kotal Kahn, dibantu oleh Reptile, Ermac, dan D’Vorah mengudeta Mileena, pewaris takhta Shao Kahn. Dia membunuh Baraka, seorang jenderal dari Tarkatan (pasukan Shao Kahn yang loyal kepada Mileena).

Kalah dan terjepit, Mileena kabur. Kotal pun menjadi raja di Outworld dan berdamai dengan Earthrealm.

Dua puluh tahun berikutnya, Jenderal Sonya Blade meminta bantuan mantan suaminya untuk membentuk tim khusus. Johnny pun melatih tim muda yang terdiri dari Sersan Cassie (putrinya) dan Sersan Jacqui (putri Jax Briggs) dari Special Forces, Takeda dari Shirai Ryu, dan Kung Jin (adik sepupu Kung Lao) dari Shaolin. Setelah menjalani latihan akhir bersama Sub-Zero, mereka ditugaskan ke Outworld.

Misi unit ini adalah untuk membantu Kotal Kahn dalam perang sipil yang diotaki Mileena. Mantan putri mahkota itu masih menaruh dendam dengan Kotal Kahn. Kali ini, Mileena bahkan lebih percaya diri. Sebab, Kano telah memberinya The Amulet, zimat yang Shinnok sedang dikurung di dalamnya.

Sementara itu, dalam sebuah kamp pengungsian warga Outworld di Earthrealm, Sonya memergoki Kano si pedagang senjata gelap dari jaringan internasional Black Dragon sedang menyamar. Setelah bertarung dan mengalahkannya, Sonya memaksa musuh lamanya itu untuk mengungkapkan lokasi Mileena. Demi nyawanya, Kano buka mulut.

Informasi dari Kano ini kemudian diteruskan oleh Cassie ke Kotal Kahn. Sehingga, mereka bisa melakukan operasi gabungan untuk menggerebek persembunyian Mileena. Zimat Shinnok kembali didapat, Mileena berhasil diringkus. Finish her! D’Vorah, tangan kanan Kotal, akhirnya mengeksekusi Mileena di depan sang Raja dan tim Cassie.

Ketika segalanya terasa berjalan mulus, Kotal berubah pikiran. Dia tidak mengizinkan Cassie membawa zimat Shinnok. Alasannya, Kotal tidak lagi percaya Earthrealm mampu menjaga zimat itu. Jadi, dia bersikeras The Amulet tetap disimpan di Outworld. Tidak hanya itu, Kotal juga memenjara Cassie dan timnya.

Kejutan lainnya, D’Vorah ternyata juga bekerja untuk Quan Chi. Dia diam-diam mengkhianati Kotal Kahn dan mencuri zimat Shinnok.

Di penjara, Cassie dkk. tak ingin tinggal diam. Berkat kemampuan telekinesis Takeda, mereka berhasil memperdaya seorang serdadu Osh-Tekk, lalu melarikan diri. Mereka langsung melaporkan kepada Jenderal Sonya Blade di Earthrealm bahwa D’Vorah berkongkalikong dengan Quan Chi. Sonya segera mengendus gelagat upaya pembebasan Shinnok.

Penyerbuan besar-besaran pun dipersiapkan. Jax yang sejak pulih dari kondisi revenant memutuskan menjadi petani, berhasil dibujuk Sonya untuk balik ke Special Forces. Dia dan Kenshi, dibantu oleh Sareena, lalu melakukan infiltrasi ke Netherrealm. Singkat cerita, Jax yang sudah lama mempelajari segala sesuatu tentang Quan Chi akhirnya berhasil menangkap penyihir itu.

Di Earthrealm, Quan Chi ditahan dengan pengamanan berlapis. Namun, tiba-tiba Hanzo Hasashi menerobos masuk bersama sekompi pasukan Shirai Ryu. Dia dengan tegas mengutarakan tujuannya adalah untuk membunuh Quan Chi, yang katanya merupakan sumber dari segala penderitaannya selama ini. Kenshi, Johnny dan Sonya berusaha meredam emosi sahabatnya itu sembari memberi pengertian bahwa Quan Chi masih dibutuhkan.

Namun, sang Scorpion yang terlanjur keras hati berhasil mengatasi perlawanan teman-temannya. Dia pun menyeret Quan Chi. Menantangnya duel. Sebelum akhirnya menghajarnya.

Mendadak, pintu portal terbuka. D’Vorah datang dan memberi tuannya itu zimat. Quan Chi pun merapal mantera sesaat sebelum Hasahi berhasil menebas lehernya.

Mantera itu adalah mantera pembebasan Shinnok, Elder God jahat yang jutaan tahun silam pernah menyerbu Earthrealm sehingga membuat Elder Gods yang lain sepakat membelenggunya di Netherrealm. Shinnok berhasil keluar dari zimat yang mengungkungnya. Sonya, Kenshi, Johnny, dan Hasashi berusaha melawannya. Namun, mereka bukan tandingannya.

Akhirnya, Shinnok membawa Johnny Cage sebagai sandera. Dengan bantuan para revenants, Shinnok dan D’Vorah sekali lagi menjujuk Sky Temple. Tak terlalu sulit, mereka menundukkan Raiden. Shinnok kemudian memasuki Jinsei dan mulai meracuni sumber kekuatan Earthrealm itu, sambil mengubah dirinya menjadi monster yang tampak lebih kuat.

Tim Cassie yang baru pulang dari Outworld kaget melihat banyak tubuh bergelimpangan, termasuk tubuh ibunya, Jenderal Sonya. Setelah diberi tahu bahwa Johnny Cage dibawa ke Sky Temple oleh Shinnok, Cassie dan timnya langsung menguber. Namun dalam perjalanan, mereka dihadang oleh Kotal Kahn dan pasukannya.

Cassie jujur menginformasikan bahwa Shinnok sudah bebas. Harapannya, Kotal mau bergabung dengan Earthrealm untuk memerangi Shinnok. Namun, ternyata Kotal memilih jalan praktis. Dia hendak membunuh Cassie, Jacqui, Takeda, dan Kung Jin, supaya Shinnok berpikir Outworld berada di pihaknya. Kotal berharap, dengan begitu rakyatnya punya waktu untuk membangun kekuatan melawan Shinnok.

Kalah jumlah, Cassie dkk. terdesak. Tapi, Sub-Zero dan prajurit Lin Kuei muncul tepat pada waktunya untuk mengimbangi pasukan Outworld. Sehingga, tim Cassie bisa bebas melanjutkan perjalanan ke Sky Temple.

Di sana, mereka meladeni para revenants. Cassie Cage sendiri berhadapan dengan D’Vorah yang sedang menyiksa ayahnya. Cassie memenangkan duel itu. Dia pun menantang Shinnok yang telah berubah wujud menjadi mengerikan setelah menyerap energi dari Jinsei.

Tanpa diduga, green halo, kekuatan ajaib yang 20 tahun silam melindungi Johnny ketika menyelamatkan Sonya dari serangan Shinnok, juga muncul dari dalam tubuh Cassie. Dengan kekuatan super itu, Cassie mengalahkan Shinnok.

Saat ketegangan mereda, Raiden yang terluka setelah dikalahkan Shinnok meminta Kung Jin dan Jacqui Briggs untuk meletakkan tubuhnya di Jinsei. Dia ingin memurnikannya kembali setelah tercemar dengan kekuatan Shinnok.

Usaha Dewa Petir dan pelindung Earthrealm itu berhasil. Jinsei membaik. Langit di Earthrealm pun kembali cerah. Keadaan yang sudah menormal ini tentu tidak disukai para revenants, sehingga mereka memilih hengkang. Kembali ke Netherrealm.

Lalu, Sonya dan bala tentaranya tiba untuk mengamankan Shinnok dan D’Vorah.

Beberapa hari setelah pernyerbuan itu, revenants Liu Kang dan Kitana memegang tampuk kepemimpinan tertinggi di Netherrealm.

Raiden (tepatnya Corrupted Raiden) mendatangi mereka. Memperingatkan keduanya bahwa mereka akan mengalami nasib yang lebih buruk dari kematian jika mencoba macam-macam lagi dengan Earthrealm. Untuk mempertegas ancamannya, Raiden meninggalkan kepala Shinnok yang terpancung. Kepala itu masih hidup (karena Shinnok adalah immortal), tapi sudah tidak berdaya. Sepertinya.

Tips Bermain Mortal Kombat X Mobile (untuk Pemula)

Battle Mode Tip
Pada sesi Test Your Might, gunakan dua jari yang mengetuk secara bergantian untuk menghasilkan kekuatan yang lebih maksimal.

Challenge Tip
Anda bisa skip beberapa pertarungan dan tetap mendapat rewards. Ingat, jika challenge-nya ada 12 pertarungan, polanya 3:1 (tiga pertarungan tanpa reward, lalu satu dengan reward). Jadi, kalau Anda berkelimpahan Koins dan ingin cepat mendapat petarung baru yang ditawarkan, skip saja tiga pertarungan, kemudian ambil pertarungan berikutnya. Lalu, skip kembali sebanyak tiga pertarungan. Dan seterusnya. Untuk challenge berjumlah 15 pertarungan, rasionya 5:1. Tapi untuk men-skip challenge berjumlah 15 pertarungan, biasanya Anda harus membayar dengan Soul, bukan Gold. Padahal, Soul itu barang mewah, menurut saya. Sayang kalau dibuang-buang.

Faction War Tip
Pastikan Anda bertarung sampai tulisan “Victory” atau “Defeat” muncul. Karena saya sendiri suka kena batunya. Ketika tenaga lawan sudah tipis, saya biasa mengeluarkan special attack dan meletakkan ponsel begitu saja, karena yakin sudah menang. Tapi begitu balik, alangkah terkejutnya saya ketika tahu justru sayalah yang kalah. Ini terjadi karena lawan yang saya duga sudah mati, ternyata masih hidup. Begitu saya tinggal, dia pun leluasa membantai jagoan-jagoan saya. Sial.

Kritik untuk Pengembang Game Mortal Kombat X

Setelah menjajal Mortal Kombat X untuk Android selama berbulan-bulan, saya tak ragu, inilah fighting game terbaik versi saya! Namun, saya tetap punya catatan:

  1. Berat aplikasinya. Saya tahu, dari sisi grafis, suara, dan video, memang Mortal Kombat X ini pantas ukurannya bergiga-giga. Namun, tak bisakah dikurangi? Karena setiap kali ada apdet di Google Play Store, saya harus menyiapkan ruang dan kuota internet bergiga-giga hanya untuk satu game! Sekarang masih 1,7 GB. Makin lama, bisa-bisa 5 GB, siapa yang kuat mengikuti kalau bukan orang-orang yang berponsel premium? Belum lagi dampaknya bagi game. Terbukti, untuk bukaan awal saja butuh waktu kurang-lebih dua menit.
  2. Terlalu sensitif terhadap internet. Koneksi drop sedikit saja, langsung crash dan game menutup sendiri. Ini menjengkelkan, terutama bila terjadi di tengah-tengah permainan atau saat kita sedang menuju puncak. Yang lebih parah, terkadang mau masuk Faction Wars saja sulit sekali, loading terus tanpa hasil! Padahal internetnya jalan, terbukti saya tetap bisa menerima email dan notifikasi-notifikasi dari media sosial. Kesimpulannya, Mortal Kombat X tidak mau kalau koneksi internet kita sedikit saja menurun. Sensitif sekali!
  3. Logika dalam konsep dan desain. Meskipun game adalah ranah fiksi, tapi alangkah baiknya bila detail-detail logika juga diperhatikan. Contohnya, apakah wajar seorang petarung menggunakan high heels (seperti Mileena, Kitana, dan Kold War Sonya Blade)? Yang lebih lucu, Kold War Sonya Blade yang tampak tidak membawa apa-apa itu kemudian bisa mengeluarkan senapan AK-47 dari rok pendeknya. Semoga ke depannya, karakter-karakter Mortal Kombat bisa didesain lebih rasional, karena ini seharusnya game yang realis.

Selebihnya, saya hanya bisa acung dua jempol. Gambar, suara, serta game play Mortal Kombat X for iOS/Android ini keren. Dijamin!

Mileena vs Jax Briggs Mileena vs Jax Briggs

Saya merekomendasikannya untuk penikmat game tarung dan penggemar hikayat Mortal Kombat. Namun, saya tidak merekomendasikannya untuk Anda yang masih di bawah 17 tahun, tidak suka atau tidak tahan dengan visualisasi sadisme, atau memiliki ponsel dengan spesifikasi yang tidak mencukupi.

[screenshots & infographic by Brahmanto]

98 thoughts on “Menjajal Game Mortal Kombat X versi Android

  1. Pingback: Membersihkan Isi Laptop dari Kerak Dosa | Brahmanto Anindito's Blog

    1. Brahmanto Anindito Post author

      Yah, sebagai bentuk apresiasi terhadap produk yang aku suka, apa salahnya? πŸ™‚

      Reply
  2. Sub-Scorpion

    Ane juga demen main MK. Tapi dari dulu suka yang versi konsol, lebih lega. Kemarin sempet nginstal MKX di smartphone ane. Udah sampe level 51, begitu diapdet balik awal lagi levelnya, kartu2nya, dan segala macem. Jadi malesin. Nyesel ngapain ane apdet waktu itu. Akhirnya, ga main lagi di smartphone… hehehe

    Reply
    1. Brahmanto Anindito Post author

      Kok bisa balik ke level awal? Oh, mungkin dulu mainnya nggak pakai register di WB Login, ya? Jadi nggak tersimpan level-levelnya, terutama kalau reinstall.

      Kalau udah register, harusnya aman. Coba cek lagi, apa sekarang udah dalam keadaan login dengan email yang benar? Aku juga begitu setiap apdet, kayak direset gitu. Tapi begitu aku switch ke akun (email) awalku, semua pun kembali. Username, level, kartu, dsb. balik ke sebelum diapdet.

      Reply
      1. Noval

        Om,mau nanya ne..
        Saya sudah level 51,pas download ke versi baru tiba2 wifi a terputus..trus saya lanjutkan ke esok hari a download..tapi ga bisa lagi..lalu saya hapus &instal ulang..tapi kok dari level awal lg?!!πŸ˜₯
        Gmna cara mengembalikan card,gold dll

        Reply
  3. Sub scorpion

    Oiya, mas. Ternyata cuman masalah belum log in :p Thank you, thank you. Now Let the FIGHT BEGINS!

    Reply
    1. Brahmanto Anindito Post author

      Android biasalah. Di versi mobile, karakter-karakter memang nggak langsung lengkap semua. Ada yang dapat bonus, karena sering main atau melewati Challenge tertentu. Ada yang didapat dengan beli dengan golds, souls, atau rupiah di Google Play.

      Reply
  4. john

    Aku udah nyampe level 17 nie om, tapi mentok di tower yg finalny lawan scorpion tak terkalahkan, alias dipukul2 darahnya ttp aja… ada tip or trik? Atau cara menambah banyaknya darah kita? Bocorannya donk…hehehe

    Reply
    1. Brahmanto Anindito Post author

      Ya, aku dulu malah lawan Monk aja nggak menang-menang. Itu karena level petarungku masih cupu. Cara mengatasinya ya tinggal ditingkatkan aja level fusion dan petarungnya (lihat infografis di atas). Bisa dengan beli card petarung, atau terus mainkan petarung itu, sehingga lama-lama tambah kuat.

      Saranku, banyak-banyak main di Faction War dulu. Soalnya, di situ, lawan kita kurang lebih setara. Kalau kita cupu, lawan kita juga dipilihkan yang cupu. Kalau tim kita kuat, tim lawan juga kuat. Nah, setelah petarung-petarungmu makin kuat seiring bertambahnya jam terbang, baru samperin lagi tuh si Scorpion di Battle Mode. Finish him!

      Reply
  5. Jordan Dev

    oh ya Gan..caranya dapetin Undercover Cassie Cage gimana ya Gan ?? keren banget kostumnya segala pake dasi pita. tomboy abis . mohon bantuannya ga gan ☺

    Reply
    1. Brahmanto Anindito Post author

      Iya, tomboi. Kayak karakter King di Art of Fighting atau King of Fighters. Dapet bocoran, cara unlock Undercover Cassie Cage itu dengan menuntaskan 3 Multiplayer Ladders yang melibatkan karakter Cassie Cage. Selamat mencoba πŸ˜‰

      Reply
      1. Gugi Ranggawuni

        Itu caranya gimana ya?
        3 multiplayer ladders itu dimana mainnya gan? Battle mode, challenge atau faction wars

        Sama cara unlock war lock Quan chi, covert ops Cassie cage, shaolin master Kung lau, assassin kitana gimana ya?

        Reply
        1. Brahmanto Anindito Post author

          Kalau ladder ya Faction War. Tapi aku sendiri belum berhasil, nyoba Hard Battle (5x tarung) selama 3 kali berturut-turut, nggak ngaruh. Mungkin bug. Mau nyoba yang Fatal Battle (7x tarung) 3 kali berturut-turut, kok sayang soul-ku, hehehe. Tapi katanya di forum-forum sih emang MKX Mobile banyak bug-nya.

          Kalau Quan Chi setahuku ada paketnya sendiri (Netherrealm), tinggal beli. Tapi yang lainnya nggak tahu. Aku sih fokus ke 9 petarung terbaik aja.

          Reply
  6. Gilang Dwi Septiawan

    Mantap nih ulasan…. btw ane baru lvl21 wkwkw cupu, cars bronze /silver rata rata level 13 , dan gold lvl20….

    Reply
    1. Brahmanto Anindito Post author

      Levelnya cuma 51, dan itu udah hampir setahun nggak nambah2. Klimaksnya lawan D’Vorah di Jinsei. Jadi, nyantai aja. Ntar kalau udah level akhir malah bingung, mau ngapain lagi. Hehehe….

      Reply
  7. Hoho

    mas.. ane mau nanya nih.. cara ngalahin boss jason voorhes kyk gimana yaa ??
    susah amat.. sampe 3x dia mati, bangun lagi…

    edaan.. bantu ane dong mas..
    sampe brp kali nyawa jason bertahan??

    ane udh lvl 37.. pake Kenshi udh fusion 5..
    susah banget ngalahinnya

    Reply
    1. Brahmanto Anindito Post author

      Jason mah tiga kali mati. Bangun pun nggak penuh energinya. Cara ngalahin dia ya pakai petarung terkuatmu. Kalau petarungnya nggak kuat, ya perkuat dulu πŸ™‚

      Reply
    1. Brahmanto Anindito Post author

      Wah, gak pernah nyoba, Gan. Mungkin tinggal login WB pakai email yang sama aja.

      Reply
  8. Jordan Dev

    kak…mau nanya yaa πŸ™‚
    aq udah sampe level 51 itu mentok yah ga bs naik level lg ??? dan smpe skrg aq blm dapet character undercover cassie cage

    Reply
    1. Jordan Dev

      lalu aq liat ada yg pnya scorpion kold war ..udah d’fuse 7 kali masa . haduuhh pgn karakter2 yg langka2. πŸ™

      Reply
      1. Brahmanto Anindito Post author

        Iya, 51 mentok. Kalau mau karakter langka, beli aja, hehehe….

        Reply
  9. Hood

    Bro brahmanto, sip review nya.
    Ane mau tanya, apa bisa ada finish him setiap habis pertarungan ? Atau memang suda diatur utk bos bos musuh sAja ?

    Reply
  10. happ

    kasus ane sama kyk efffrans. jd setiap mau log in ulang wb tiba2 keluar pasih ngetik email ato passnya? padahl gak prnah ada lag main lancar banget. itu kenapa ya gan?

    Reply
  11. Agusz

    Mas hp sya pke cpu quadcore 1.2ghz ram 1gb gpu adreno 302.. Tpi msih sering fc , pdhal aplikasi yg mmakan ram udh ane berhentiin smua & cara dapetin assasin kitana punya tips ngga, susah bnget

    Reply
    1. Brahmanto Anindito Post author

      Kompatibel sebetulnya. Setahuku, FC emang bisa terjadi kapan aja di HH apa aja. Koneksi internetnya juga faktor, menurutku.

      Reply
  12. saeholic

    Gan..jual Coin sama souls gak?
    Hehehe.

    Btw setiap ane mw beli Coin via tel**m**l billing koq ga bisa terus ya? “unfortunately google play stop responding”. Mumpung lg disc 50% neh.

    Thanks ya.

    Reply
    1. Brahmanto Anindito Post author

      Nah, itu mungkin masalah koneksi internet atau memori HP yang lagi penuh/mepet.

      Reply
  13. ali

    Hp andromax i3s bisa dimainkan gak mas, padahal ram 1 gb, tapi main pas trailernya aja…pas kelar langsung force close ??!

    Reply
    1. Brahmanto Anindito Post author

      Sama dengan di atas. Itu mungkin juga masalah koneksi internet atau memori HP yang lagi penuh/mepet. Coba apps yang lain di-uninstall dulu. Atau MK-nya di uninstall dan re-install.

      Reply
  14. Dan

    Bos mau tnya
    Kalo karakter silver sama gold bisa di fuse apa gak ?
    Misal scorpion sama ninjutsu scorpion bisa di fuse gk ???

    Reply
  15. Anjas prasetyan

    gan mau tanya kan kalau lagi battle di faction atau yg lain pasti di bawah bar darah ada nama nya ya seperti gambar diatas, terus juga pasti ada nilai serangan, tapi kalau di hp ane ga ada yg seperti itu, itu kenapa ya gan?

    Reply
  16. zaki

    Gue tau caranya agar dapat soul cepat beli terus kard pack nanti menang nimble reptile,a list jony cage,sama croymancer sub zero,gue udah penuh semuanya

    Reply
  17. iman

    Mau nanya niii bos….cara mendapatkan koin dan soul bnyak tnpa bertarung apa pun
    Ada ngga aplikasinya yg bsa di download biar bisa banyak koin and soulnya kaya’ permainan lain langsung bnyak koin and soulnya gituu…
    Mhon infonya yaa bos

    Reply
  18. Indra Panca Putra

    Salam kenal Gan Brahmanto πŸ™πŸ™
    Nama saya Indra PP, saya penggila Game Mortal Kombat waktu itu masih di Sega Saturn. Klw gak salah tahun 94-an dgn Mortal Kombat 1, terus berlanjut sampai ke Ultimate Mortal Kombat 3. Nah sekarang setelah 22 tahun saya ketemu lagi dgn Game Mortal Kombat X di Android, langsung saya install aja di aplikasi nya diHP saya. GILA HABIIISSS… πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜… Gambar nya beda bgt dgn Mortal Kombat di Sega wkwkwk πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜… Gambar nya keren habis, saya jadi kecanduan lagi main Game Mortal Kombat πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

    Btw saya mau tanya, bagaimana trick supaya kita sebelum bertanding di Faction War tapi kita sudah punya simpanan 1 atau 2 kotak special attack? Kadang musuh saya sudah punya cadangan special attack, 1 atau 2 kotak. Alhasil klw saya battle dengan musuh yg punya special attack, saya pasti kalah terus 😭😭😭
    Bagaimana cara nya kita bisa dapat special attack pada waktu akan battle Gan Brahmanto?

    Terima kasih sebelum nya ya Gan Brahmanto πŸ™πŸ˜ŠπŸ™

    Reply
    1. Brahmanto Anindito Post author

      Aku juga mengenal MK di Sega. Waktu itu udah merinding lihat grafisnya. Padahal kalau kulihat lagi MK waktu itu ya gambarnya cupu, hehehe….

      Lho, special attack kan tinggal dibeli pakai gold.

      Kalau di Faction War, lawan kita cenderung seimbang. Jadi yang menentukan biasanya pengalaman dan teknik kita bertarung. Untuk awal, coba pilih yang Normal Battle dulu saja. Lama-lama, kalau udah pede dan merasa jago, geser ke Fatal Battle.

      Gitu kalau aku πŸ™‚

      Reply
      1. Yanu Rianto

        Mungkin maksudnya sebelum memulai battle di faction war, lawan udah ada 1 atau 2 bar power untuk special attack di awal. Itu sih tergantung teamate atau equipment yg dipakai, kalau teamate kita macam balance Kenshi and teamate yg lain dr Spec Ops pasti dapet 1 bar power untuk special attack. Atau beli equipment wrath hammer pakai coin, tapi agak dan itupun untung2an.

        Reply
  19. scorpion jomblo

    Setdaaahh.. Lengkap banget gan πŸ˜€
    Gue masih penasaran dimana ya kita bisa dapat film nya?
    Trs liu kang dan kitana ngapain mereka di netheartlam (dunia iblis) apa mungkin mereka jd antagonis dan memulai rumah tangga di dunia iblis. Trs kung lao kmn ya? Kok ceritanya malah jd kisah Asmara jhon dana sonya ya?

    Reply
    1. Brahmanto Anindito Post author

      Film MK kombat banyak versinya. Yang mana yang dimaksud?

      Lha, itu ceritanya sudah ada di atas. Liu Kang dan Kitana memang kena pengaruh Shinnok, jadi revenant.

      Reply
  20. Pranata88

    Makasii ulasan lengkap nya mas..
    Mau tanya ada fitur buat battle sesama teman yg ada di list dan cara invite teman di MK? Trims..

    Reply
    1. Brahmanto Anindito Post author

      Nggak ada, kayaknya.

      Biasanya setelah tarung (di Faction War) ada opsi invite ke lawan barusan.

      Reply
  21. Fantriw

    Penasaran battle mode akhirnya kaya gimana ya. Ane tinggal tower terakhir. Ada yg udah sampe tower akhirnya gmn?

    Reply
  22. Fantriw

    Yah bro.. Ane udah khatam battle mode nya. Terakhir lawan kitana gampang bgt. Bingung mau ngapain lagi setelah battle mode tamat. Hehe

    Reply
  23. Rudy

    Mau tanya gan. Ane udah smp ke level boss kotal khan. Tetapi susah banget untuk dikalahin. Darahnya gak berkurang2. Kadang2 dia muncul shield dan tengkorak. Saya serang malah darah kita yang kena. Saya menggunakan d’vorah. Kung lao dan scorpion. Berkali2 kalah terus. Padahal level petarung saya sudah lumayan hebat. Ada trik untuk. Mengalahkan boss kotal khan?

    Reply
    1. Brahmanto Anindito Post author

      Kalau dia bertahan (double guard) jangan dikasih special attack, malah kena kita sendiri. Kecuali kalau X-Ray Attack (special attack ketiga), ini baru nggak mungkin dia tahan.

      Reply
  24. vathjar

    buat yg susah kalahin boss khotal khan, agan harus pake special attack ketika dia pake shield :).. dan yg nanya dapetin triborg ane dah dapet 2 yg kuning dan abu2(smoke) dapetinya di challenge triborg,nanti kalo dah menang otomatis lawan boss triborg kalo agan menang hadiahnya si triborg itu dan nanti distore ada kard triborg

    Reply
  25. Pranata88

    Mau tanya bang, itu pengaturan waktu selesai faction warnya gmna ya? Pdhal waktunya sudah habis tapi masih bisa tarung kumpulin point war, jadi tau2 nya turun lg peringkat warnya..
    Terus stelah update baru bonus ally friend gak dapet lg slsai tarung di battle mode. Mhon penjelasan nya trims..

    Reply
    1. Brahmanto Anindito Post author

      Meski waktu resminya udah abis, biasanya hitungan baru fix setelah jam 12 malam.

      Kalau bonus ally nggak dapet, biasanya gara-gara koneksi internetnya bermasalah. Battle Mode bisa jalan tanpa koneksi internet, tapi nggak ada ally.

      Reply
  26. Wiliem s

    Boss scorpion susah kalahin darahnya 16000,caranya gmn y,gua cm pake scorpion ,kotal kahn( silver) sama reptile

    Reply
    1. Brahmanto Anindito Post author

      Emang pernah dapet dua karakter itu? Kalau pernah, mustinya nggak ilang, kecuali kalau belum login. Soal maintenance break itu biasanya sementara. Coba lagi. Atau kalau nggak bisa juga, coba update game-nya.

      Reply
    1. Brahmanto Anindito Post author

      Tunggu aja Challenge-nya. Atau beli lagi pack-nya. Musti tahu, beli pack itu bukan berarti pasti dapet, tapi hanya BERPELUANG dapet. Kan dia bilangnya “a CHANCE at getting Spec Ops Scorpion”.

      Reply
  27. Ari

    Bang punya gw udah level 40 tpi kok faction war nya hilang..
    Gmna ya bang biar bisa kembali lg??
    Mohon pencerahan..
    Sebelumnya terima kasih bang

    Reply
  28. feby

    di hp samsung galaxy grand neo bisa gak min?… & hp brahmanto merk ap? kalo gg bisa saya mau ganti hp soalnya pengen banget main ni game

    Reply
  29. toell

    Bang tadi ane donlot diplay store pas 45% kok tiba2 memasang… lha kok tiba2 mulai dari nol lagi… Itu gmana bang

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge