Perpanjang STNK Tahunan dan 5 Tahunan

BPKB dan STNK

BPKB dan STNK, identitas kendaraan Anda. Foto: cablakobin.blogspot.com

Punya mobil atau motor? Tentu ada surat-surat identitasnya dong, setidaknya BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) dan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan). Mengurus BPKB hanya sekali, yaitu sewaktu baru membeli kendaraan tersebut. Jika tidak ada perubahan data pemilik kendaraan, maka BPKB berlaku seumur hidup.

Sedangkan STNK memiliki masa kadaluarsa, kita wajib memperbaruinya setiap lima tahun. Dalam praktiknya, bukan hanya lima tahun urusannya. Tiap tahun pun kita harus sowan ke Samsat (Satuan Administrasi Manunggal di Bawah Satu Atap) untuk membayar pajak kendaraan bermotor itu. Entah itu Kantor Samsat, Gerai Samsat yang biasanya terletak di mal-mal, Samsat keliling yang menggunakan mobil, atau Samsat Drive-Through.

Kenapa STNK harus diperpanjang

Barangkali Anda bertanya, “Apa yang terjadi kalau gue lupa bayar STNK tahunan?” Ya kena denda lah, Bos. Terus, “Kalau gue tetep ogah bayar pajak kendaraan dan dendanya, masalah buat loe?”

Hehehe, tidak juga. Kendaraan Anda tetap boleh jalan kok. Meskipun Anda egois juga. Ikut memacetkan jalanan yang dibangun Pemerintah, memanfaatkan fasilitas lalu lintas, bahkan pelan-pelan berandil merusakkan aspalnya, tapi tidak mau membayar pajaknya.

Samsat Keliling

Samsat Keliling. Sebuah solusi, memang. Tapi, hehehe, kelilingnya sampai mana? Foto: lomboktoday.co.id

Anda memang takkan kena tilang atau terjaring operasi lalu lintas kalau belum membayar pajak tahunan STNK. Sebab, urusan pajak tidak ada hubungannya dengan aturan lalu lintas. Tapi, kalau STNK Anda dari tahun ke tahun tidak pernah dibayar pajaknya (bahasa awamnya “diperpanjang”), setelah lima tahun, STNK itu akan kadaluarsa dan menjadi ilegal. Saat itu, polisi berhak menilang atau bahkan menyita kendaraan itu.

Untuk membuat STNK Anda legal kembali (dan mendapatkan plat nomor baru), Anda harus membayar dulu tunggakan pajak-pajak tahun sebelumnya. Plus dendanya! Tambah ribet dan mahal kan?

Maka saran saya, taati saja aturan mainnya. Jadilah warga negara yang baik. Apa susahnya sih tiap tahun membayar pajak STNK ke Samsat? Cepat kok. Kalau dulu memang melelahkan. Belum lagi, para calonya yang agresif dan posesif minta ampun. Sekarang, spesies calo nyaris punah. Paling yang masih berkeliaran di Samsat hanya 2-3 orang. Itu pun terkesan jinak, tidak seganas dulu kalau mencari mangsa.

Oke, siap mengurus perpanjangan STNK sendiri, tanpa calo? Yang perlu Anda perhatikan paling pertama adalah jam operasional Samsat.

Jam pelayanan Samsat (umumnya)

  • Samsat Drive Thru

    Pelayanan Samsat Drive Thru menurut saya yang tercepat dibanding Samsat model lain. Foto: detikberita.com

    Kantor Samsat. Senin-Jumat buka pukul 08:00-15:00, Sabtu pukul 08:00-12:30, dan Minggu atau tanggal merah tutup.

  • Samsat Drive Thru. Senin-Kamis buka pukul 08:00-13:00, Jumat pukul 08:00-11:00, Sabtu pukul 08:00-12:00, dan Minggu atau tanggal merah tutup. Hanya melayani perpanjangan STNK tahunan.
  • Gerai Samsat / Samsat Corner. Buka tiap hari mulai pukul 08.00-20.00. Hari libur nasional tutup. Hanya melayani perpanjangan STNK tahunan.

Syarat memperpanjang STNK tahunan maupun 5 tahunan

  1. KTP asli pemilik kendaraan.
  2. BPKB asli.
  3. STNK asli.
  4. Uang. Juga yang asli ya 😛
  5. Untuk perpanjangan STNK lima tahun, Anda wajib membawa kendaraan yang STNK-nya sedang diurus.

Semuanya asli. Kalau di Surabaya, Anda tidak perlu repot-repot memfotokopi dulu surat-surat di atas. Cukup bawa surat aslinya saja.

Cara memperpanjang STNK tahunan (perkiraan waktu pengurusan: 10-30 menit)

  1. Datangilah Loket Pendaftaran. Lokasinya paling depan, biasanya. Mintalah formulir dan mapnya dengan menunjukkan STNK serta KTP. Di Surabaya, formulir ini gratis.
  2. Isilah formulir itu sesuai STNK dan BPKB Anda. Ada isian yang membingungkan? Tanya saja kanan-kiri Anda (tapi pastikan dulu yang Anda tanyai bukan calo :p). Atau, sekalian tanya ke bagian Informasi. Atau, buat apa repot, kosongi saja! Nanti kan petugas pemeriksa akan meminta Anda mengisinya kalau memang itu harus Anda isi. Oh ya, bila Anda mengurus selain di Kantor Samsat, langkah ini sebenarnya tidak diperlukan.
  3. Lampirkan STNK, BPKB dan KTP Anda di formulir itu. Sama dengan langkah kedua, kalau Anda mengurus di Gerai Samsat, Samsat Keliling atau Samsat Drive-Through, langkah ini bahkan tidak diperlukan.
  4. Serahkan berkas-berkas itu ke Loket Penyerahan. Tunggu nama Anda dipanggil. Terkadang, hanya nomor polisi kendaraan Anda yang dipanggil. Petugas lalu akan memberi slip pembayaran. BPKB dan KTP Anda akan dikembalikan di sini.
  5. Bayarlah di Kasir. Masing-masing kendaraan berbeda jumlah pajaknya, tergantung kapasitas CC mesin dan tahun pembeliannya. Pokoknya, bayar saja sesuai yang disebutkan Ibu/Bapak Kasir. Takkan ada pungli, karena semua angka itu akan tercetak dalam bukti pembayaran yang nantinya Anda selempitkan di balik STNK.
  6. Bergeserlah ke Loket Pengambilan STNK. Tunggu nama Anda disebut. Anda akan terima STNK dan bukti pembayaran pajak tahunan. Masukkan kembali STNK dan bukti pembayaran itu bolak-balik di plastiknya. Selesai!

Untuk pengurusan di Samsat Drive-Thru, Anda tidak perlu menunjukkan BPKB (tapi bawa sajalah buat jaga-jaga). Hanya ada dua loket di sana: Pemeriksaan Berkas dan Pembayaran/Pengambilan. Prosesnya pun jauh lebih sederhana, Anda pasti tidak perlu panduan.

Cara memperpanjang STNK lima tahunan (perkiraan waktu: 30-90 menit)

  1. Parkir kendaraan Anda di tempat Cek Fisik. Biasanya terletak di dekat parkiran resmi Kantor Samsat. Mintalah stiker dan formulir Cek Fisik dengan menunjukkan STNK dan BPKB Anda. Biayanya? Cuma-cuma di Surabaya.
  2. Mintalah petugas di sana untuk mengecek nomor mesin dan rangka Anda. Petugas-petugas pemeriksa ini biasanya berseragam khusus. Dia yang akan mengeblat (menggosok-gosok) nomor rangka dan mesin itu di stiker tadi. Dia pula yang akan mengisi formulir Cek Fisik dan menempelkan stiker itu di formulir. Sekali lagi, jasa ini gratis di Surabaya.
  3. Mintalah formulir pembaruan STNK 5 tahun (ganti plat) ke Loket Pendaftaran. Gratis juga. Kemudian, isi formulir itu dan serahkan kembali ke Loket Cek Fisik. Tunggu sebentar senyampang berkas Anda diverifikasi.
  4. Fotokopi berkas-berkas itu. Biasanya ada ruangan fotokopi khusus di Samsat. Jumlah dan apa saja yang musti difotokopi, saya kurang memperhatikan. Serahkan saja semuanya pada petugas fotokopi. Mungkin pungli terjadi di sini. Karena fotokopi yang hanya beberapa lembar itu, plus plastik wadah STNK, biayanya Rp 7.000. Dan tanpa bukti pembayaran apa-apa! Tapi, tak apalah. Toh mereka juga membantu mengecek dan mengisikan formulir itu jika ada yang terlewat.
  5. Langkah berikutnya, sama seperti langkah mengurus STNK tahunan. Anda masuk gedung Samst dan cari Loket Penyerahan, tunggu dipanggil, bayar pajak kendaraan dan administrasi setahun di kasir (saya Rp 207.000), bayar lagi di kasir sebelahnya untuk biaya plat nomor baru (Rp 30.000) dan cetak STNK baru (Rp 50.000).
  6. Geser ke Loket Pengambilan STNK. Di sini, Anda menunggu jadinya STNK baru dan bukti pembayaran pajak. Setelah mendapatkannya, Anda tanda tangan di buku log sebagai bukti telah menerima lembaran STNK.
  7. STNK dan plat nomor

    STNK dan plat nomor pun jadi. Sampai ketemu lima tahun lagi, Kantor Samsat…. Foto: rumahpengaduan.com

    Ambil sepasang plat nomor baru Anda di Loket Pengambilan TNBK (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor). Serahkan bukti pembayaran Anda ke petugasnya, lalu tunggulah nomor polisi kendaraan Anda dipanggil. Selesai, Anda telah mendapatkan plat nomor baru Anda. Awas, cat putihnya biasanya masih basah!

Biaya perpanjangan masa berlaku STNK

Dari proses awal sampai akhir untuk pengurusan STNK lima tahun, saya mengeluarkan biaya Rp 294.000, atau 295.000 bila biaya parkir ikut dihitung. Sedangkan untuk pengurusan STNK tahunan, saya mengeluarkan biaya Rp 207.000 (tanpa parkir karena saya biasanya mengurus di Samsat Drive-Thru). Murah meriah, hehehe.

Nah, jika Anda tidak tahu harus membawa duit berapa untuk mengurus STNK, intiplah bukti pembayaran pajak Anda pada tahun lalu di balik STNK. Untuk STNK tahunan, biayanya sama dengan tahun sebelumnya atau mungkin naik sedikit. Sedangkan untuk STNK lima tahunan, untuk amannya, siapkan dana dua kali biaya tahunan Anda.

Oh ya, kalau masuk wilayah administrasi Surabaya, Anda tak perlu khawatir membawa uang yang tak pasti jumlahnya. Sebab, kantor-kantor Samsat-nya (setidaknya Kantor Surabaya Selatan) sudah menyediakan EDC, sehingga bisa melayani pembayaran dengan kartu kredit maupun debit.

Denda keterlambatan mengurus STNK

Terlanjur terlambat memperpanjang STNK? Ingin tahu denda yang harus Anda bayar? Coba lihat Bukti Pembayaran Pajak Daerah terakhir Anda. Normalnya diletakkan di balik STNK Anda. Lihat angka-angka pada item PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) dan SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan yang berfungsi sebagai premi asuransi). Perhitungan denda diambil dari kedua item itu:

  • Denda PKB per tahun = 25%. Kalau telat 3 bulan = 6,25%, 6 bulan = 12,5%.
  • Denda SWDKLLJ roda 2 = Rp 32.000, roda 4 = Rp 100.000.

Contoh kasus, STNK motor Anda terlambat bayar setahun. PKB di STNK Rp 200.000, sedangkan SWDKLLJ-nya Rp 30.000. Anda akan dikenakan denda keterlambatan sebesar (Rp 200.000 x 25%) + Rp 30.000 = Rp 80.000. Itu dendanya saja, belum pajak regulernya.

Rumus denda ini diperoleh langsung dari Humas Mabes Polri.

Bonus tips: cara mengurus STNK hilang

  1. Urus Surat Tanda Hilang dari Polsek atau Polres terdekat. Biasanya yang terdekat dengan lokasi kehilangan.
  2. Siapkan KTP pemilik kendaraan, fotokopi STNK yang hilang itu, Surat Tanda Hilang, BPKB asli dan fotokopinya.
  3. Datangi Samsat (dengan kendaraan yang hilang itu) dan katakan mau mengurus STNK yang baru karena STNK lama hilang.
  4. Cek fisik kendaraan (seperti prosedur perpanjangan STNK 5 tahunan di atas), lalu fotokopi hasilnya.
  5. Isi formulir.
  6. Urus Cek Blokir (Surat Keterangan STNK Hilang dari Samsat), berisi keterangan yang menyatakan STNK terkait tidak sedang diblokir, dalam pencarian atau bermasalah. Di sini, lampirkan hasil cek fisik kendaraan.
  7. Datangi loket BBN II. Di sini, lampirkan semua persyaratan data dan Surat Keterangan Hilang dari Samsat. Bila motor Anda pajaknya belum lunas, Anda diwajibkan untuk membayarnya. Biaya untuk proses pembuatan STNK baru sebesar Rp 50.000.
  8. Pengambilan STNK dan Surat Ketetapan Pajak Daerah bisa ditunggu.

Lihatlah birokrasi kita. Tambah lama, tambah simpel dan terbuka. Jadi, bolehlah saya bermimpi, suatu saat nanti STNK bisa sekecil SIM. Memperpanjangnya, terutama untuk pajak tahunan, bisa lewat internet atau ponsel. Berkas-berkas Anda tinggal didaftarkan via web Samsat.

Saya yakin, itu tak lama lagi kalau pemimpin kita berwawasan paperless. Toh mengurus paspor saja sudah lama bisa lewat online. Meskipun hanya separuh proses, separuhnya lagi (seperti foto dan interview) tetap harus datang ke Kantor Imigrasi.

211 thoughts on “Perpanjang STNK Tahunan dan 5 Tahunan

  1. Mochamad Yusuf

    Wow… tulisan yang cukup lengkap. Pasti ini jadi tulisan yang banyak dicari orang2 ya… Btw, tulisan berdasar pengalaman pribadi atau riset saja ya? Kok banyak yang sudah nggak update. Sekarang ngurus STNK tidak perlu pakai BPKB, itu salah satu contohnya.

    Reply
    1. Brahm

      Tentu kalau sudah masuk blog pribadi ini artinya sudah kualami sendiri dong, Pak. STNK-ku mati tanggal 16 ini. Tapi aku urusnya seminggu sebelumnya.

      Mengurus STNK tanpa BPKB? Kalau cuma pajak tahunan memang tidak pakai BPKB, dan aku sebenarnya sudah tuliskan itu di bagian “Memperpanjang STNK Tahunan”. Pak Yusuf kurang teliti bacanya ya 🙂

      Tapi untuk 5 tahunan, tetep harus ada BPKB. Bahkan fotokopinya juga.

      Reply
      1. eka

        Wah bener tuh pak bram, urus 5 tahunan harus pakai bpkb. Tapi pengalaman saya hari ini di Samsat Ciledug (Tangerang), karena bpkb dijaminkan di bca finance, dan saya sudah urus legalisirnya dan surat keterangan bahwa bpkb dijaminkan. Namun dari loket pemeriksaan bpkb, saya disuruh minta cap atau stempel ke TU (loket 11) dan itu disuruh bayar 25rb. Di loket cek fisik juga diminta uang sebesar 20rb. Semua tanpa tanda bukti pembayaran. setelah 90 menit, stnk diterima, namun plat nomor harus tunggu 6 bulan (alasannya untuk mobil, bahannya belum ada). Berarti yang 20rb + 25rb itu termasuk pungli bukan ya?

        Reply
        1. Brahmanto Anindito Post author

          Sepertinya pungli, Mbak Eka. Hah? Nunggu sampai 6 bulan? Lama banget! Jangan-jangan bahan plat nomer harus diinden dulu dari Afrika, hehehe…

          Sabar saja, Mbak. Sistem kita lama-lama juga membaik kok. Semoga.

          Reply
          1. Yoni mahdi djatmiko

            Mau nanya bang, kemaren saya ngurus perpanjangan 5 tahunan dan plat nomernya ganti tapi di bpkb kok nggak ada tulisan yang menyatakan bahwa nomor berubah ya ?

      2. leni Kuswanti

        Ini saya mau tanya. Dikantor kan ada kwitansi buatan sendiri untuk Perpanjang STNK dan Denda. Memang dari Samsatnya engga kasih bukti pembayaran yah?

        Reply
      1. gerda senjariani

        Pajak tahunan motor saya expired tgl 20 juni nah saya bayar pajaknya tgl 17 di teller bank sumsel . Trus saya dikasih bukti pembayaran atau nomor resi pokoknya bukti. Nah yg saya tanyakan jika saya mencetak tgl 20 atau melewati tgl 20, apakah saya kena denda?.

        Reply
  2. tommy

    terima kasih …
    sangat membantu sekali 🙂
    oh ya, saya mau tanya stnk saya sudah telat 3 tahun kira2 kena biaya brp ya ?
    terima kasih

    Reply
    1. Brahmanto Anindito Post author

      Tergantung berapa pajak tahunannya, Tommy. Coba deh lihat berapa nilai PKB dan SWDKLLJ-nya, lalu hitung dengan rumus “Denda keterlambatan mengurus STNK” di bagian bawah artikel 🙂

      Reply
      1. fauzan

        Klo ganti plat 5 tahunan bisa g klo g sama orang yg namany tertera di STNK/BPKB,tpi kita bawa KTP aslinya dia,secara nama orang tua?????!!

        Reply
      2. Nobu

        Diatas diterangkan.. keterlambatan belum termasuk pajak reguler.. apa yg dimaksud pajak reguler? & bgmn proses pembayarannya

        Reply
    2. Fitri Fauziyah

      kalau mau sabar ya tunggu saja pemutihan gan. jadi bayar pajaknya tanpa denda. biasanya pemutihan di Jatim mulai bulan April or Mei.

      Reply
  3. Basuni

    Wah, infonya udah paket komplit. Saya mau tanya kalau yang perpanjang bukan orang yang namanya tertera di bpkb cukup bawa ktp asli atau harus pakai surat kuasa juga? (Saya bukan calo lho hehe….) Trims.

    Reply
      1. SATRIYO HERU IRAWAN

        Kemarin hr jum’at tgl.03-10-2014. saya mengurus perpanjangan STNK 5 tahunan di SAMSAT JL.KERTAJAYA SURABAYA, Motor atas nama/ kepunyakan kakak saya, saya sudah bawa KTP aslinya kakak saya tetapi kok masih PAKAI / DIMINTAI “SURAT KUASA “? mohon petunjuk ?!

        Reply
  4. Enda

    saya mau tanya, saya beli motor di daerah A dengan KTP daerah B. Kemudian saya bayar pajak motor di Samsat A dengan KTP B, pake domisili tahun lalu masih bisa. Sekarang kok ga bisa ya, padahal udah e-KTP?

    Reply
  5. hery

    Makasih bos…Ini ane baru mau mau ngurus perpanjangan stnk 5 tahunan…Biar gak wira wiri ane googling dulu..Eh neme blognya ente..

    Makasih ya..Cukup lengkap info-nya…Salam kenal aja..;)

    Reply
  6. abid

    Saya kemarin disuruh bayar di blanko cek fisik 20.000, dan biaya perpanjangan stnk dan plat 120.000. kendaraan carry. Sangat disayangkan tak ada kwitansi, ini aneh dan tak tranparan. Jika kritis mungkin bisa diperkarakan. Bagaimana ini? tarifnya gak jelas

    Reply
  7. adi

    wow.. infonya sangat membantu
    tp saya kemarin mau bayar pajak tahunan untuk kendaraan roda 4, kok suruh balik nama ya, alasannya nama yang tertera dalam stnk/bpkb sudah diblokir (sudah punya kendaraan baru dengan nama tersebut) apa betul sekarang tidak boleh punya 2 kendaraan (roda 4) dengan nama yang sama??

    Reply
    1. Tsugumi

      itu sama pemilik mobil sudah di Lapor Jual pak…jadi bapak tidak bisa perpanjang kendaraan itu menggunakan nama pemilik nya lagi…
      memiliki kendaraan roda 4 lebih dari 2 bakal kena pajak progresif pak…

      Reply
  8. uha

    Halo bram, sama dg Enda, aku beli vario di semarang, saat itu KTP semmarang, jadi stnk dan bpkb semarang. Nah, skrg KTP ku jakarta dan varioku di jakarta. Gmn ya perpanjangan 5 tahunannya?

    Reply
    1. Brahmanto Anindito Post author

      Itu bergantung pada tahun beli, cc mesin, dan kendaraan keberapa. Tahun lalu STNK-nya berapa? Pakai patokan itu aja.

      Btw, BPKB buat apa diperpanjang, Mbak?

      Reply
  9. ibey

    nampaknya harus dimutasi mas kelokasi sekarang.. soalnya data pemilik sudah berubah alamat. kalaupun pake KTP sementara (surat pengantar RT/RW), harus disertakan foto copy kartu keluarga.

    Reply
  10. Ahlan Haryo Pambudi

    Sangat Membantu sekali brapoh . (y) . siip ini, pas mau ngurus taunan eh nemu beginian . Thanks om.
    Sekalian Nanya, klo domisili Surabaya bisa bayar dimana saja ?, Kayak di Royal gt bisa ? . trims again .

    Reply
    1. Brahmanto Anindito Post author

      Bisa. Tapi saya untuk STNK tahunan, saya lebih suka drive thru di A. Yani arah ke dalam kota. Lebih cepat dan praktis.

      Reply
  11. anita

    gan..mw tanya niy.saya mau perpnjng stnk 5 tahunan..tp telt byr pajak 2 tahun…brp y kira2 biayanya

    Reply
  12. Vargan

    Saya rasa sudah cukup lengkap informasinya.
    Saya mau tanya masalah denda, jika telat bayar pajak ( tahunan ) 3 minggu apa masih pake rumus yang 3 bulan itu ?
    Terima kasih

    Reply
  13. Deny

    Mas saya mau tanya,sepeda motor saya pajaknya telat 2thn,terus di thn ini pajak stnk saya 5tahunan jg udh mau habis.jadi mau saya urus semua dan kira2 saya ngurus di samsat ke loket mana dulu ya?
    Suwon.

    Reply
  14. anqa

    klo saya beli motor.. nah ini motornya msh atas nama pemilik yg lama.. kemudian saat sya ingin perpanjang stnk 5 tahunan butuh ktp asli pemilik yg dulu.. tp pemiliknya sudah pindah dan sya gak tau pindah kemana.. bagaimana cara saya mengurus stnk ini? thanks

    Reply
  15. uha

    Aku sdh perpanjangan di samsat semarang, ternyata sAngat gampang. Punya masalah apapun dg kendaraan anda, datang langsung konsultasikan di samsat. Pasti ada solusinnya.

    Reply
  16. Tri

    mau tanya nih mas bram, motorku kan plat D bandung tp posisi mtr ada di jogja dan akhir bulan ini pajak 5 tahunan.nah pertanyaanya adalah,apakah mtr harus kita bawa ke bndng? trimakasih atas infonya

    Reply
  17. Fredi

    Sya butuh kejelsan info baru bro….motor sya di pkb 103 rb.sya mau perjanjang stnknya….tapi pajaknya telat 2 tahun….apa masih pake rumus pkbx25 persen?

    Reply
  18. Raju

    Rekan salam kenal say punya mobil pajak nya 390 rb /thn saya sudah mati mau 4 thn di bln 3 thun 2015 nanti dan plat nya pun harus ganti juga lalu untuk KTp nya tidak ada karena nama pemilik nya sudah meninggal itu habis berapa ya… Dan kalau rekan semua ada yg tau cara langkah2nya gmana menggunakan esamsat Tangerang celedug mohon informasi nya tks

    Reply
    1. Brahmanto Anindito Post author

      Selama belum waktunya ganti plat, via drive thru bisa dan tanpa BPKB.

      Reply
  19. Fredi

    Saya mndengar info dr korlantas….klow perpanjangan stnk disurabaya tu sngat lama.
    Pemilik kendaraan harus nunggu samapi 6 bulan baru bisa mendapatkan stnk baru…sedangkan pemilik kendaraan hanya memakai surat keteranga dr polisi untuk kendaraannya.
    Ini bnar2 janggal…masa urus stnk sja sampe nunggu berbulan bulan disurabaya.dulu katanya kekurangan bahan baku pelat nomor.skarang kekurangan kertas untuk stnk.huw….sngat2 miskin indonesia ini….hal skecil nhe sja mseh ada kurangnya.

    Reply
    1. Brahmanto Anindito Post author

      Itu hanya kebetulan lagi bermasalah atau kekurangan bahan. Biasanya kalau di Surabaya ya nggak ada istilah lama 😀

      Reply
  20. m oni fitriyadi

    Maaf, numpang nanya juga.selama ini saya gak pwrnah telat bayar pajak. Dan untuk hulan ini saya mau bayar pajak motor tahunan istri saya. Tp cm punya fotocopy KTP-nya aja. Karena KTP asli istri saya di minta ama kecamatan tempat tinggal istri saya sebelum pindah, karena baru saja pecah KK dan sekatang berdomisili di alamat rumah tinggal saya.sedangkan e-ktp istri saya yang baru gak jadi². Apakah bisa ada kelonggaran lake fotocopy KTP??

    Reply
    1. Brahmanto Anindito Post author

      Sebaiknya ditanyakan langsung ke Samsat kota Anda. Kadang2, beda kota, beda kebijakan.

      Reply
  21. dedy

    kalo memperpanjang melalui samsat drive thru apa harus pake bpkb asli karena bkpb masih sekolah nih mas????

    Reply
  22. Pauline Marantha

    Mobil saya avanza 2011 & masih ats nma pmilik lama..tapi sya mau perpanjangan STNK tahunan nya yang sudah telat 1 bulan, berapa biaya total nya untuk perpanjang & berikut denda nya, ada yang tahu tolong di info kan, terima kasih.

    Reply
  23. rifan

    Aku bru bayar perpanjangan stnk lima tahunan plus pajak tahunannaya lewat bantuan temen, lembar bukti pajaknya dah dikasih ke saya tapi stnknya ga ada, katanya 2 bulan lagi stnknya jadi plus plat tnkbnya harus nunggy 6 bulan lagi?? Emang gitu ya?????

    Reply
    1. Brahmanto Anindito Post author

      Sebaiknya dikonfirmasi ke Samsatnya langsung. Kasus begitu memang sempat terjadi di beberapa daerah. Tapi sebagian sudah lancar kembali kok.

      Reply
  24. Harmadi

    Siang pak Bos….
    Mau tanya….?
    Misal mau bayar pajak+perpanjang stnk+ganti plat kan harus ada BPKB Asli?
    sedangkan BPKB saya di bank…
    Gimana solusinya?????/
    Thanks……
    Saya tunggu jawabanya…….

    Reply
    1. Brahmanto Anindito Post author

      Ya bisa aja dong. Yang penting KTP-nya masih berlaku (belum dicabut).

      Reply
  25. m sandinara

    Maaf mau tanya! Sy mau perpanjg kendaraan tp BPKB aslinya msih d bank. Apa sy hrus melunasi dlu atw gimana? Tolong bantuan nya!

    Reply
  26. Budi1307

    Maaf mau nanya jadwal drive thru ditangerang jam dan tempatnya di mana ya coz saya di Lampung sedang motor saya beli di jakarta ini dah harus perpanjang STNK bulan November

    Reply
    1. Brahmanto Anindito Post author

      Waduh, mana saya tahu kalau sedetail itu. Silakan hubungi SAMSAT terdekat.

      Reply
  27. andri

    Bos sya mau tanya,motor rx king saya dah sempat masuk musium,pajakx dah mati 9tahun
    Terus bpkbx hilang,,,dan parahx lgi d stnk yg lama dgn alamat d tanggerang waktu sya masih tinggal d tangerang!skrg sya tinggal d indramayu,masih bsa gk perpanjang pajak 5 tauhan,qra2 hbis brapa bnyak

    Reply
    1. Brahmanto Anindito Post author

      Ini kasus terparah yang saya tahu, hehehe. Tapi saya yakin masih bisa diurus, meski sangat ribet dan mahal sekali. Hitung-hitungannya ruwet, jadi saya sarankan langsung tanya ke SAMSAT terdekat saja 🙂

      Reply
  28. Hendri

    Terima kasih atas informasi nya yang lengkap, saya baru tahun ini akan melakukan penggantian (perpanjangan) plat nomor jadi agak was-was juga. Ngomong-ngomong itu ngelepas dan masang plat nya dilakukan oleh petugas? karena saya ga punya kunci inggris/obeng nya :/

    Reply
    1. Brahmanto Anindito Post author

      Melepas dan memasang plat nomor dilakukan di rumah, bukan di SAMSAT. Jadi tentu dilakukan sendiri. Gampang kok. Tapi kalau males repot ya tinggal mampir ke bengkel atau tukang tambal ban saja untuk minta tolong.

      Reply
  29. geni

    Om brahm..mau tanya dong..
    Saya beli lelangan dr perusahaan, stnk udh mati 9 tahun..sekarg sedng diurus2 alih nama dn perpanjangannya oleh si penjual..
    Waktu nya itu 6bln, apa benar?
    Lalu krn waktu ny pNjang ada surat resi pengganti sbg tanda stnk nya sdg diurus..
    Apa demikian sdh benar prosedurnya?
    Mohon info nya, makasih…

    Reply
    1. Brahmanto Anindito Post author

      Prosedur detailnya saya nggak tahu. Tapi rasanya masih wajar-wajar saja.

      Reply
  30. Selly

    Om, mau tanya dong, kan saya uda bayar pkb yg 5 tahun, trus biasanya di bukti setoran pkb nya cuma dicap LUNAS aja kn kalo uda bayar, tapi sebelum saya bayar, kertasnya uda dicap “bukan bukti pembayaran pkb dan bbn-kb”, trus pas uda bayar dicap LUNAS, itu emg begitu sekarang, ato gimana yak? Thanks

    Reply
    1. Brahmanto Anindito Post author

      Kok rada membingungkan ya? Tapi yang penting, gampangannya, udah ada stempelnya pada kolom “Pengesahan”-nya.

      Reply
  31. erint

    Mau nanya ni min,
    kan kalo taun pertama itu di surat ketetapan pajak daerah…..
    itu kan tertera BBN-KB, PKB, SW-JASARAHARJA, BIAYA ADM STNK, dan BIAYA ADM TNKB.. terus ada jumlahnya tuh semisal 1jt ya min.
    nah itu yg harus kita bayar itu yg mana aja?
    Sesuai jumlahkah? Ato hanya bagian PKB dan SW JASARAHARJA saja?
    Tolong bantuannya ya min, maklum sekarang jadi anak kost x_x
    #makasi min

    Reply
  32. Dewi

    maaf numpang tanya, kalau mau urus stnk 5 tahunan tp semua surat hilang hanya ada copyannya gmn? Krn kemarin kehilangan dompet dg smua surat penting dsana. Apa harus buat stnk baru dl lagi dan perpanjang 5thnan, apa bs dimaklumi jika pakai ftcopyan? Karenatanggung buat br dan hanya bbrp bulan lg harur ganti stnk 5thnan, Maaf kalau mau tanya yg agak menyimpang, kalau ektp hilang, apa memang tdk bs buat baru dan harus tgg 5tahun lg? Terimakasih

    Reply
    1. Brahmanto Anindito Post author

      Mungkin KTP dan STNK-nya harus dibikin baru dulu. Untuk KTP, harus urus keterangan hilang dari polisi, lalu ke mengajukan pembuatan KTP baru ke RT, RW, dan Kelurahan (lampirkan KK). Mungkin nanti KTP-nya bukan E-KTP.

      Nah, baru urus STNK baru, berbekal surat keterangan hilang dari kepolisian, KTP, BPKB dan fotokopi STNK lama.

      Silakan hubungi SAMSAT terdekat untuk penjelasan yang lebih rinci.

      Reply
  33. Hendra Putra Indonesia

    Pengalaman Pribadi saya Nih, Udah tahun ke 3 ini motor saya gak bsa di perpanjang lewat samsat online/samsat cepat. entah kenapa di tempat saya Pati, Jawa Tengah pasti begitu. Motor saya mutasi dari semarang 3 tahun yg lalu. nah dari itu setiap mau perpanjangan pasti gak bisa di samsat cepat..

    Reply
  34. musa

    hebat Lu sob mau menjawab smua pertanyaan tanpa bayaran padahal bukan karyawan dispenda…sementara yg karyawannya asli (oknum) belum tentu mau melakukannya tanpa di bayar….bener smoga orang spt lu mangkin banyai populasinya di sini amin

    Reply
    1. Brahmanto Anindito Post author

      Ah, biasa aja. Lagian, kata siapa karyawan asli nggak mau jelasin kalau ditanya? Hari gini, yang nggak mau jelasin dan berbagi rahasia itu cuma calo.

      Reply
  35. endah

    mas kalo perpanjang stnk tanpa bpkb gimana yaaa?? kan bpkb belum ditebus hihihi terus ktp nya masih ktp lama gimana mas bisa gak. terus perpanjang stnk berapa pertahun dan denda pertahun nya. kira” telat 4 tahunan lah mas. tlg info nya yaa… sama bikin sim menghabiskan biaya berapa??:) maaf ya banyak pertanyaan nya.terimakasih banyak.

    Reply
    1. Brahmanto Anindito Post author

      Perpanjang tahunan nggak perlu BPKB. Tarif dan dendanya bisa dihitung dari rumus di atas.

      Kalau bikin SIM, kurang tahu tarifnya.

      Reply
  36. haris

    Mas mau tanya, kalo mau bayar pajak motor 5 tahunan kalo ga ada bpkb nya gmn ya? Apa bisa? Soalnya Bpkb motor saya kena kasus penggelapan. Mohon infonya. Thanks

    Reply
    1. Brahmanto Anindito Post author

      Masalahnya, BPKB harus ada. Coba dirundingkan aja solusinya di SAMSAT.

      Reply
  37. Irma

    Mas bram. Saya mau curhat nih. 2008 bokap bli mobil di bandung,nah pake ktp sy yg ikut ke saudara dibndung. Rumah kami itu di serang banten. Dah 2 tahun ini sy punya e ktp serang ,sedangkan perpanjang mobil pake ktp bandung itu. Masalahnya ktp itu hilang. Pertanyaan saya :
    1.bisa gak ngurus stnk di serang?jd ga msti kebandung
    2.gmna caranya urus stnk tanpa ktp asli. Kalo nyodorin e ktp saya yg alamatnya beda tapi nama dan tgl lahir sama bs ga?
    3. Kalo mau balik nama tanpa ada KTP asli itu gmna caranya ya?

    Reply
  38. ida

    mas mau nanya drive thru di Jl.a. yani surabaya. apa bisa melayani stnk 5 tahunan
    soalnya motor saya plat W (Sda)

    Reply
  39. syams

    mas, sekarangkan ktp pake yg e-ktp klo yg gak punya/ blom urus e-ktp tp msih punya ktp biru yg masih aktif bisa gak… selain ktp atau sim bisa gak pake KK (Kartu Keluarga).

    Reply
    1. Rolland

      Salam Kenal bro..
      mw konsultasi ney,langsung ya..gw mw urus STNK 5 tahunan..tpi pajak tahunan nya juga blm di bayar sejak dari 23-03-2010,dan STNK masih atas nama prusahaan..nah pertanyaan nya brapa bayar pajak+denda nya,dan klo mw balik nama brapa juga bayar nya?? boleh tolong di hitungin klo ga keberatan..Thanks..

      plat habis tgl 23-03-2014..
      Toyota Corolla
      PKB. 2.100.000
      SWDKLLJ. 143.000

      Reply
  40. ade irawan

    hari ini saya perpanjang stnk tahunan dan lima tahunan tapi kenapa tidak dapat plat nomor baru apakah ada yang terlewatkan, mohon pencerahan

    Reply
    1. Brahmanto Anindito Post author

      Kalau yang 5 tahunan, harusnya dapet. Kecuali kalau platnya belum ada/habis. Tapi harusnya ada pemberitahuan. Silakan dipertanyakan.

      Reply
  41. vic morris

    gan ane minta pencerahan,ane lancar bayar pajak taunan,tp ane gk ganti plat dr bulan 2 taun 2013,kira” abis brp rupiah buat nyelesein semua nya?mohon inpo nya,thx gan

    Reply
  42. Mumulo

    nanya dong, kalo perpanjangan tahunan stnk itu harus pake ktp kah?
    bisa nda diganti pake sim?
    pengalaman pribadi, barusan.. katanya nda bisa, tapi aku googling, itu bisa ktp/sim/passport.
    pas lagi duduk2 dan curi denger ternyata ada ibu2 yg sama kejadiannya kaya aku dan dia harus bayar 100tibu buat ktp.
    nah loh.

    Reply
    1. Brahmanto Anindito Post author

      Bisa jadi begitu. Hubungi SAMSAT yang bersangkutan untuk jelasnya. Karena “kebijakan” (baca: keluwesan merespon masalah) dari masing-masing SAMSAT mungkin berbeda.

      Reply
  43. SAHUD

    hr ini perpanjangan STNK 5 tahun motor honda NF 125TR (Supra tahun 2009) plat habis 12-09-2014
    wilayah surabaya selatan (SAMSAT KETINTANG )
    saya mengeluarkan biaya :
    1. Pajak 1 tahun : Rp.231.500,-
    2. Cetak STNK dan TNKB : Rp.80.000,-
    3. Biaya Fotocopy : Rp.7.000,-
    4. Parkir Motor: Rp.2.000,-
    Total : Rp.320.500,-
    Terima kasih buaaaanget MAS BRAM dengan testimoni anda diatas aku jadi terbantu

    Reply
  44. grio

    maaf mas yang “masalah pihak yang berwajib tidak berhak menilang kendaraan kita selama masih dalam periode kurang dari 5 tahun” ada hukumnya kaga…..

    saoal’y kmaren gw d’tilang…..
    tpi sbelum2ny klw ada penilangan gw d’sruh lwat2 aj…..

    tpi pas kmaren gw d’tilang…..
    yg d’permasalahin y itu krna tidak perpanjang stnk slama 2 tahun….
    dikasih pilihan sidang or 50rbu *oknum…..

    klw itu bener2 ada UU’y…..
    tu oknum bsa d’tindak itu….

    btw nice post kk….
    (y)

    Reply
    1. Brahmanto Anindito Post author

      Tantangin aja polisinya, dia mau nilang atas kesalahan apa? Kalau memang karena tidak perpanjang STNK tahunan, suruh tulis itu di surat tilangnya, dan perhatikan apa yang terjadi 🙂

      Reply
  45. anggoro

    Hahaha, kasian juga nih mas brahm, jadi bahan tanya2an org2 padahal bukan petugas ya mas? Cmiiw
    Saya juga org surabaya mas, di rumah kebetulan punya motor/mobil, yg plat luar daerah juga ada. Sekedar sharing aja sama pembaca yang lain, soalnya saya sendiri kalau urusan surat menyurat mesti saya lakuin sendiri.
    1. Kalau saya di surabaya urus pajak 1 tahunan gak perlu bawak bpkb cukup stnk sama ktp asli aja (belum pernah pake fotocopi ktp) urus di samsat drive thru lebih mudah dan cepat
    2. Urus pajak + ganti stnk + ganti plat 5 tahunan, nah kalo ini kudu dateng ke kantor samsatnya. Tinggal parkir ke tempat yg sudah di sediakan khusus buat kendaraan yang mau perpanjangan tempat parkir ini buat cek fisik gesek noka nosin nanti petugasnya bakal bantuin tinggal ke loket ambil formulir dll selanjutnya ikutin aja prosedurnya.
    3. Kebetulan saya juga punya mobil plat B dan saya domisili surabaya. Selama ini urus pajak 1 tahunan kudu ke Jakarta minta tolong temen buat perpanjangan yang agak ribet buat 5 tahunan prosesnya agak panjang jadi temen ambil formulir dulu terutama yg gesek nomer rangka dan nomer mesin dikirim ke surabaya nanti saya gesek sendiri di surabaya abis gitu saya kirim lagi ke Jakarta setelah itu temen urus di samsat kelar baru kirim lagi stnk baru sama plat barunya hehe
    Itu tadi pengalaman saya urus2 surat kendaraan pribadi. Enggak ribet kok, intinya harus teliti dan jangan sungkan tanya2 ke petugas yang berwenang jangan ke org awam apalagi calo bakal di pimpong kita. Biasanya mereka akan menawarkan kebijakan2 untuk kasus2 khusus. Maaf ya mas brahm jadi kepanjangan comentnya, nunut sharing aja hehe

    Reply
    1. ginar

      mas Anggoro saya mau tanya,itu ngurus pajak 5 tahunan ganti plat dan stn.stn,bpkb,dan plat no nya jadi kapan?apa langsung jd saat itu jg,atau harus nunggu lagi?

      Reply
  46. aji

    Mas Bram, mau tanya kalau pajak tahunan masih 30 hari kedepan mati dan mau diperpanjang sekarang supaya tidak lupa. Apa bisa ya? Terimakasih.

    Reply
  47. ferry

    Mas mau tanya kalau pajak sd perpanjang 5 tahun sedang dalam proses kendaraan bisa kita pake gak ya berbekal stnk yg dicap bahwasanya dalam proses. Trims sebelumnya

    Reply
    1. Brahmanto Anindito Post author

      Wah, proses apa selama itu? Cicilan? Kalau cicilan, biasanya yang ngurusin pihak dealer dengan meminjam fotokopi KTP pemilik.

      Reply
  48. ridwan_zakaria

    Misi pak saya mau tanya kalo pajek mati 4 tahun dan plat nomer mati 1tahun n sekalian mau balik nama ..kira” biayanya brapa yah n syarat’a apa saja terima kasih

    Reply
  49. adis

    misi mas brahm …..saya mau nanya soal perpanjangan stnk 5 tahunan cm yg jd mslhx motor saya ini bkn atas nama saya tp bos saya,apa perlu surat kuasa trs klo tanda tanganx beda gmn? apa bs d perpanjang.thnk

    Reply
  50. ahmad

    permisi mas…
    bulan oktober aq mau ngurus stnk lima tahunan.. tapi stnkku hilang, apa yang harus saya lakukan? saya sudah mengurus surat kehilangan stnk di polres.. apa saya harus mengurus stnk yang hilang dulu atau saya langsung membuat stnk lima tahunan langsung? tapi apa bisa membuat stnk lima tahunan tanpa adanya stnk yang asli? mohon bantuannya… trima kasih

    Reply
    1. Brahmanto Anindito Post author

      Saya barusan tambah tips mengurus STNK hilang. Silakan dibaca kembali artikel di atas.

      Reply
  51. Wahyu Yokoi

    Di daerah cilacap untuk motor baru harus menunggu 1 tahun lebih untuk mendapatkan STNK + PLAT nomer. Begitu juga pajak 5 tahunan, harus nunggu 1 tahun lebih untuk dapat STNK +Plat nomer baru. Mirisnya -___-

    Reply
  52. samsul huda

    1 blan kmaren aq ngrusi pjak 5 thnan + denda meh stahun.. baru td jd,, iku puuun cman pjak kndaran + bpkb yg ditangann… untk stnk NUNGGU 4 BULAN lg…. plat nmor pun gag dkasih.. sruh bnerin plat yg lma dg mrubah thn nyaaa,, maklooom lewat calooo.. krn kndala srat spedah matii.. jd tkut untk ksrabayaa..
    byayapuun ckup mahaaall, jiaaan***** k..
    spdahku honda GL max dg pajak 116,, dan kena tarif caloo sbesaar 658,000..

    Reply
  53. Vraz

    Mas brahm sya bingung mau mutasi dan balik nama dari kuningan ke cirebon.
    Beberapa bulan lalu saya beli motor dengan plat kuningan. Saya sendiri di cirebon.
    Saya beli di dealer mokas cirebon.
    Saat ini bpkb saya sekolahin di lising mas.
    Saya sendiri tidak tau orang yang pnya kndaraan ini sebelum’y wlau di stnk ada nama & alamat’y.
    Mhon solusinya

    Reply
  54. Vraz

    Syaratnya apa saja ya mas untuk mutasi & balik nama tsb?
    Apakah mhal biaya yg dkeluarkn mas?
    Maaf newbie soal bgini.

    Reply
  55. Viony

    Saya baca diatas katanya kalau perpanjang stnk tahunan tdk perlu bpkb. Tp ketika kenapa saya diminta bpkb nya ya??
    Alhasil saya hrs keluar bbrp puluh ribu utk mengurus tanpa menggunakan bpkb.

    Mohon pencerahannya

    Reply
  56. Shanie

    Mas mau tanya..plat nomor mobil kan abis tahun 2015 nant,i tapi bpkb blm ditebus hihihi..bisa gak perpanjangan plat nomor mobil tanpa bpkb? Thx u sebelum nya

    Reply
  57. Rony

    mas broo mau nanyak niee…. Honda beat kok mahal banget pajeknya… Di stnk

    BBNKB 1.130.000
    PKB 169.500
    SWDKLLJ 35.000

    Jumlah 1.334.500
    Kok hampir sama dngan pajak mobil ea..????
    Apa ada kslahan ngetiknya…????

    Reply
  58. kw

    STNK mobil sy telat ampir 5 bulan (abis masa pakai tgl 22 Mei 2014). Yg sy mau tanyakan, apakah sy masih bisa memperpanjang STNK di mobil Samsat Keliling?
    Mohon infonya. Tks sebelumnya buat semua yg reply.

    Reply
  59. tri

    Mas, kmren stnk suami saya ilang yg tahun 2014, yg 2013 ada drumah, boleh gak y ngurus ke gerainya di mall2 dgn alasan mau perpanjang aja. Secara mau ngurus kehilangan kyaknya ribet bgt.

    Reply
  60. dwi wahyu wibowo

    yth Pak Bram
    Mohon informasi kalau sepeda motor saya ada di magetan, mau perpanjangan pajak 5 tahunan, sedang BPKB ada di sidoarjo. kalau minta chek fisik perbantuan di magetan apa perlu BPKB. terima kasih pak. mohon balas kami tunggu.

    Reply
  61. arka

    mas brahm…stnk mobil sy sdh mo abis awal taun dpn, trs plat mobil dari luar daerah aku pakenya di daerah lain..apakah mo prpanjang stnk-nya mobil harus di bawah jg ke samsat daerah asal kendaraan atau gak perlu? trs apa bs stnk hanya mo dibalik nama tanpa pinda daerah penggunaan (ganti plat)…kira2 biapa kisaran anggarannya? mksih sblm..mohon di konfirm..

    Reply
  62. beckhan

    mas sy mau numpang tanya mtor mio q thun 2010 dan pajaknya mati hampir 5th masa berlaku sampe 6-7-2015, apakah dendanya sama 25persen atau lebih? Thx

    Reply
  63. arie

    mas bram mau tanya,motor mio stnk yang 5 tahunan mati bulan 11 tahun 2013,kira” brpa jumlah biayanya urus stnk 5 tahunan ?

    Reply
  64. christian

    mas bram..
    mau tanya dong saya kan baru membeli motor dari pelelangan dan pajaknya belum pernah di bayar sama sekali selama lima tahun plus plat nomornya suda habis bulan november tahun lalu itu ngurusnya gimna ya…
    mohon penjelasannya..

    Reply
  65. ferry andika

    Mas Bram saya mau tanya nih .
    kalo misalkan pajak mati 4 tahun plat B (jakarta) itu denda (preminya) berapa ya kira” .
    dan cara untuk memperpanjang itu gimana ?

    Reply
  66. putut

    kenaapa syaratnya harus pakai KTP asli pemilik kendaraan?
    klau dianggap motor tdk resmi kan bisa menunjukkan BPKB..gimana tuh..

    Reply
  67. dhulkariim

    saya motor udah lunas setahun, tpi stnk belum diambil setahun lebih. kalau mau ngambil ke dealernya bisa ga sih??

    Reply
  68. RHEIN MAULANA PRIYATNA

    Sekarang kan sudah zaman modern toh orang aja sudah bisa main odong – odongan di bulan. Plat Nomor dulu hari itu juga kita urus,yah sudah siap deh kendaraan kita pakai plat nomor yang baru.Sekarang bisa 4 bln bisa juga setahun kali klo kita ngga urus. ” Kok bisa bisa nya yah ….. #Sambil_nepuk_Jidat ” Cepedeeeeeh…….

    Reply
  69. kama

    Saya mau nanya gimana caranya balik nama motor, stnk hilang bpkb ada. Aku beli di probolinggo ketapang pindah ke sulawesi tenggara aku beli thn 2012-skrg 2015 jadi pajak mati 2 thn , stnk mati 1 tahun gimana prosesnya.

    Mohon bantuannya?

    Reply
  70. nurhadi

    numpang tanya Pak, utk ganti plat jika gak ada KTP Bisa gk pak? soalnya ats nama yg tertera orgnya udh meninggal. dan apa motornya jg harus dibawa. sdgkn pcc sy di semarang. Terima kasih Pak.

    Reply
    1. ivan

      Just sharing: klo perpanjang STNK 5 tahun/Ganti Plat hrs bawa KTP asli (KTP sesuai STNK+BPKB)+BPKB asli+STNK asli+Motor nya ke Samsat utk dilakukan check fisik. Klo pemilik udh meninggal mgk hrs menyertakan surat kematian, klo motornya di luar daerah bisa dilakukan bantuan check fisik di Samsat terdekat lalu bukti check fisik nya di krm ke Samsat tmpt mengurus skrg. Ato lbh jls bs tny lgs ke petugas Samsat

      Reply
  71. agus

    pak ane mau nanya .kira kira kena berapa ea ane mau perpanjang stnk 5 thun mtor ane crypten .mti stnk tgl 27 bulan 2 2015.berapa ea tarif ya.

    Reply
  72. Winardo Guardian BB

    Numpang tanya Bro…
    sy mau perpanjang STNK yg telat pajak sdh dari Juli 2014, leasing mobl ini masih berjalan
    masa berlaku STNK 5 tahunan s/d Juli 2015
    untuk perpanjang STNK tahunan ini (hanya berlaku dari Maret s/d Juli 2015) persyaratan apa aja yg diperlukan, apakah harus ada KTP Pemilik pertama + BPKB ? (BPKB masih di leasing)
    Thank’s

    Reply
  73. trys

    mohon infonya apakah bisa pengurusan perpanjangan stnk tahunan tanpa ktp asli ( nama di bpkb) cuma punya fotocopy ktp saja . soalnya dulu pinjam ktp teman, tapi sekarang sudah lost contact. terimakasih

    Reply
  74. rudy

    mas bram mau tanya nih,sya tinggal di daerah bksi,sya bln ini hrus bayar pajak 5 thn motor sya,tp motor sya bkn plat B,tp motor plat daerah.klo cek fisik di sini bisa ngga yah,jdi motor tdk prlu d bwa k kmpung?thnks

    Reply
  75. dwi-samudera

    makasih bang . bagus banget ini mah. itu yang komentar banyak pisan.ditempat saya, juga ada punglinya sih. tapi ya, yang penting cepat selesai

    Reply
  76. Vyan Effendi

    kalo perpanjang STNK 5 Tahun tapi sekalian ganti nama gimana, soalnya saya beli motor teman saya, dan bpkb pun di jadikan jaminan, please Fast Respon, bentar lagi waktunya abis

    Reply
  77. mona arni

    Mau tanya nih gan.saya mau bayar pajak dan perpanjangan stnk.ktp yang baru belum jadi.ktp yang lama sudah lewat tanggalnya.pakai SIM bisa tidak ya?karena sim sudah saya perpanjang bulan kemarin.terima kasih

    Reply
  78. Asnawi Widianto

    Hallo,..
    Mas Bram yang Baik :
    Berkaitan dengan kendaraan bermotor, saya nimbrung konsultasi nih, kebetulan saya punya mobil Avanza Thn 2009 ulang tahun setiap bulan Juni tgl 17 dgn biaya pajak 5 tahunan kemarin PKB=1.650.000, SWDKLLJ=143.000, Biaya ADM STNK = 75.000, Biaya ADM TNKB=50.000 jumlah total 1.918.000.
    Sementara saya BPPKB mobil A.n. Orang lain di Wilayah Semarang Kota, sedangkan saya tinggal dan beralamat di Banjarnegara Jawa Tengah, walau masih satu provinsi saya tidak tahu dan tidak kenal pemilik pertamanya. Pas saya beli mobil tersebut tidak disertai dengan KTP Copy apalagi Asli. Sementara ini mau habis dan harus bayar pajak tahuanan pada Bulan Juni 2015. Surat yang saya miliki dan melekat pada mobil adalah STNK tahun 2014 masih berlaku dan BPKB semua Asli. Beberapa hal yang ingin saya tanyakan sama mas Bram adalah :
    1. Jika di urus sendiri untuk pembayaran pajak tahunan apa tidak kesulitan mengingat tidak ada KTP pemilik Asli.?
    2. Apa perlu saya balik nama, walau tdk ada KTP pemilik Asli dan baru pajak tahunannnya baru Juni 2014 kemarin dan masih 4 tahun kedepan?
    4. Bagaimana menurut Mas bram baiknya tindakan yang saya ambil agar murah, mudah dan aman,?
    demikian mas mohon direspon pertanyaan saya, makasih ya

    Reply
  79. Hendro Wijaya

    Mas saya mau tanya, saya beli mobil second dan tidak ada KTP asli yang punya, gimana cara nyanbayar pajak kalau tidak ada KTP asli pemilik kendaraan tersebut?

    Reply
  80. Musta Kiem

    Mau tanya ni mas saya punya motor jateng (K) posisi di surabaya mau ngrus pajak tahunan di surabaya bisa p egk ea. Tp nama pemilik masih orang jateng dan aqu gak punya ktp.a pa bisa di urus pajak.a di surabaya thanks for info

    Reply
  81. Siswadi Pramono

    saya mau tanya sedikit, kalo masa berlaku samsat stnk masih lagi 6 bulan bisa gak di samsat bulan ini? misal skarang tgl 26 mei 2015, trus masa berlaku nya masih sampai tanggal 25 November 2015, bisakah disamsam bulan mei ini??? trims..

    Reply
  82. Noval Alwynni

    Permisi, bro. Saya mau tanya. STNK dan BPKB motor saya beralamat Jakarta. KTP sayapun juga beralamat Jakarta. Tapi, motor saya saat ini berada di Purwokerto. Kira2 ttp bs diproses gk perpanjangan STNK-nya?? Trs klo bs bagaimana caranya??? Trima kasih

    Reply
  83. Muharini Atmaningnani

    Trims dg pnjlasannya. Suami biasanya yg urus surat2.Krn pindah krj diluar kota, sy skrg yg urus,mski sdh dibritau caranya,msh kurang pas.Jd buka internet.

    Reply
  84. Ali

    Mas mau tanya,apakah pajak progresif msh berlaku,apabila slh satu kendaraany tdk pernh di urus stnkny yg 5 tahunan.sy pernh jual mtr ats nama sy,namun smpe skrg org tsb tdk pernh mengurus stnkny sdh sktr 3 tahunan.mhn penjelasany.sebelumny sy ucapkan trmksh.

    Reply
  85. Sultan

    Bro selain blog ente pke socmed apa?di socmednya ada info” ptng g, coz blog ente ini sgt bnyk membantu orang (including me).

    Reply
  86. Ariel

    selamat siang mas, saya asli domisili bandung, tetapi beli mobil di surabaya. Nah sebentar lagi sudah masuk perpanjangan STNK 5 Tahunan sekaligus balik nama surat2 BPKB maupun STNK. Pertanyaannya apakah untuk Balik nama bisa menggunakan KTP saya yang bukan orang surabaya? apabila bisa, persyaratan apa saja yang dibutuhkan lagi. terima kasih sebelumnya.

    Reply
  87. kuz wan

    Mas mau tanya,klo misal saya punya kendaraan mati pajak 5thunan sejak 2012 gmn ya cara ngurusnya? trima ksih

    Reply
  88. taufik amir

    tolong pencerahannya ya.. Mau perpanjangan pajak 5 tahun. motor saya plat B. kendaraan, stnk, bpkb ada di surabaya. apakah perlu dibawa ke jakarta kendaraannya atau gmn mungkin ada solusi lain? kalo dibawa ke jakarta ga ada ongkos kirim. hehe. makasih.. tolong dibantu ya..

    Reply
    1. Humam Fathin

      Coba membantu ya mas taufik, saya habis baca artikel di mbah gugel, kalo mau perpanjang nomor plat harus ada cek fisik kendaraan di mana stnk kendaraan itu terdaftar, tapi berhubung motornya di luar kota bisa dilakukan “cek fisik bantuan” . Apa itu cek fisik bantuan? Sama dg cek fisik kendaraan biasa tapi dilakukan di samsat terdekat, yaitu di surabaya dlm kasus mas taufik. Setelah itu mas taufik akan diberi form cek fisik oleh petugas, kirim form tersebut ke daerah asal agar dapat diurus di samsat jakarta. Untuk lebih jelasnya, search aja di mbah gugel “perpanjang nomor plat motor luar kota”. Semoga membantu.

      Reply
    1. achmad irandi

      Mohon penjelasan nya pk: adik saya baru di tinggal suaminya meninggal dunia, dan kebetulan pajak mobilnya mati pee januari ini, bagaimana cara pengurusan pajaknya ya, apa langsung balik nama?

      Reply
  89. Sri A

    saya pernah kehilangan stnk di luar kota (sim, ktp, atm dan stnk dan kartu lainnya). sy minta surat kehilangan di kantor polisi setempat (di BABAT Jatim) karena saya yakin hilangnya di wilayah situ. tp saya tidak dilayani meskipun sudah sy jelaskan kronologinya. sy disuruh minta di tempat domisili saya (Surabaya). setelah saya ngeyel/ngotot minta dengan alasan perjalanan saya masih jauh dan takut kalau ada operasi lalin, akhirnya saya diberi surat yg sifatnya hanya keterangan saja semacam surat jalan, bukan form surat kehilangan pada umumnya.

    Reply
  90. fitri

    gan…mau nnya ni..kan bentar lagi mau perpnjang stnk 5 tahunan tapi kendaraan atas nama bapak saya yang sudah meninggal..klo balik nama tentu saja belum siap …gi mana ya solusinya

    Reply
  91. teguh santoso

    mas mo tanya nih.ada orang gade motor ke saya.katanya kan gak lama mo diambil.lah tp sampe 2th lebih nih blom diambil.lah kan sekarang waktux ganti plat nomer.lah ni orgx ini sdh cerai.jadi motor yg gadein suamix tp bpkb dibawa istrix.lah sebagai org yg taat pajak.saya mo bayar pajakx.tp ktp ma bpkb nya gak ada bisa gak ya?soalx nih orgx gak tau sekarang dimana.takutx nanti klo ada operasi jadi kena masalah.tp klo mo urus takutx ribet.minta infox dunk.makasih

    Reply
  92. Sendi Ikhsan

    Wah ini sangat membantu sekali. Terima Kasih atas informasinya ya…

    btw saya mau tanya untuk memastikan.. stnk depan saya berakhir di 22 mei 2016… dan yg 5 tahunan termasuk ganti plat nomor berakhir sama di 22 mei 2016… pertanyaannya apakah saya mengeluarkan kocek dari biaya dua halaman stnk 1 tahunan dan 5 tahunan tersebut ya Mas?

    Mohon info… motor kulo satria fu 150cc berwarna biru keluaran tahun 11 april 2006… siapa tau mas bram pernah tau berapa biayanya terhadap motor saya ini. Hehhe.. terima kasih.

    Reply
  93. sahrul ramdani

    Pak maaf ni agak bingung … Kalo misalkan stnk saya hilang … Terus saya ingin memperpanjang pajak 5th … Apa saya harus membuat stnk dulu lalu membayar pajaknya?… Toh kan pak kalo kita bayar pajak 5th pasti di kasi stnk baru kalo saya bikin dulu stnk lama ntar mubazir kan pak … Maaf minta bimbinganya … Makasi

    Reply
  94. Pingback: Itungan Main Kartu - Data pengeluaran togel SGP HK Sidney

  95. ahmad muyasar

    saya mau perpanjang pajak tahunan tpi masih credit, itu bisa ga ya kalo ga pke surat pengantar lising lagi, hanya ktp sama stnk az. soalnya lisingnya jauh dri tmpat tinggal sya. mkasih buat infonya

    Reply
  96. Eka Siswantini

    mau tanya kalau mau perpanjang STNK tapi belum balik nama sedangkan orang pertama yg namanya tetera di STNK sudah hilang entah kemana bagaimana ya?

    Reply
  97. Shintya

    Terima kasih infonya mas Bram, kebetulan Agustus 2016 ini saya harus bayar pajak 5 tahunan kendaraan vario saya, semisal saya masih pakai nomor yg lama (krn plat cantik) , apakah saya tinggal perpanjang saja, atau saya harus ke polda dulu untuk minta rekom nomor saya.

    Reply
  98. Pungki

    Makasih gan infonya …
    Sangat bermanfaat ..
    .tapi mau tanya ni gan, kalau stnk mati 7 tahun masih bisa diurus ? Kalau bisa caranya seperti apa ?

    Terimakasih dan ditunggu info lebih lanjutnya

    Reply
  99. Pingback: Pengeluaran Togel Hari Ini Tgl 9 Oktober 2013 - Pengeluaran togel SGP HK togel123

  100. Pingback: Data Hk Bulan Oktober 2014 – Prediksi Togel 46

  101. Pingback: Pengeluaran Togel Yuk Hari Ini - Pengeluaran togel SGP HK togel123

  102. Pingback: Pengeluaran Togel Hari Ini 18 Oktober 2014 - Pengeluaran togel SGP HK togel123

  103. Pingback: Pengeluaran Togel Hari Ini Tgl 30 Maret 2014 - Pengeluaran togel SGP HK togel123

  104. Pingback: prediksi togel sgp kamis 9 oktober 2014 | Prediksi Togel Hongkong Singapore SGP HK Online

  105. Pingback: prediksi togel sgp kamis 24 oktober 2013 | Prediksi Togel Hongkong Singapore SGP HK Online

  106. Pingback: Pengeluaran Togel Hari Ini Tgl 24 Januari 2014 - Pengeluaran togel SGP HK togel123

  107. Dian

    kalau masa berlaku stnk saya 19februari17 tapi saya ingin mengurus ini besok tgl 5/1/17 apa sudah bisa ya? mengingat pajak kendaraan bermotor per tgl 6 jan 17 sudah dinaikkan 🙁

    Reply
  108. Karolus Djerloli Kleden

    Saya mau bertanya apakah stiker pengesahan STNK juga ada pungutan atau biayanya sebesar Rp 25.000,- di samsat ?
    Sebab saat saya membayar pajak kendaraan bermotor tahunan masih dipungut lagi Biaya Pengesahan dalam betuk stiker hologram pengesahan sebesar Rp 25.000,- ? apakah memang pungutan itu resmi?

    Terima Kasih atas penjelasannya.

    Reply
  109. bagong_ireng

    @karolus
    Tidak bayar, itu sudah include(termaduk) biaya pengurusan 50rb.
    Tp ya 5 tahunan, kesempatanlah.
    Aslinya perpanjangan stnk cuma +-100rb.
    Logikanya perpanjangab cuma pemuktahiran data, tp tergantung seberapa lapar para oknum”. Hehehe

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge